Kunjungan Tim UT Ke Pusat Karir UI

Salah satu komponen fasillitas Universitas bagi mahasiswa dan lulusannya yaitu penyediaan informasi karir, pemagangan, beasiswa, dan lowongan kerja di berbagai bidang dan lintas perusahaan/industri, dan instansi. Sebagaimana implementasi Kampus Merdeka, Merdeka Belajar dimana mahasiswa dan dosen juga bisa belajar dari kampus lain untuk mendapatkan peningkatan pengetahuan dan praktik baik yang mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa, wawasan pengetahuan tendik dan dosen, serta layanan instititusi yang menunjang keberhasilan mahasiswa dan lulusannya.

Untuk itu pada tanggal 14 April 2022 sejumlah dosen dan tendik Universitas Terbuka (UT) melakukan kunjungan ke Direktorat Pengembangan Lulusan dan Hubungan Alumni Universitas Indonesia (UI) untuk mendapatkan pengetahuan dan praktik baik tentang pengelolaan pusat karir ke Gedung PUSGIWA BARU, Tower B, Kampus Baru UI Depok. Rombongan UT yang hadir pada kunjungan tersebut adalah Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama), Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D. (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat), Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd. (Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat), Maya Maria, S.E., M.M. (Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan), Imas Maesaroh, S.E., M.Si. (Koordinator Bidang Pengembangan Institusi dan Kehumasan pada Kantor Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama), dan Teguh Nursantoso, S.Kom., M.MSI (Koordinator Bidang Tata Usaha pada LPPM).

Tim dari UT di sambut oleh jajaran dari Direktorat Pengembangan Alumni Karir Lulusan dan Hubungan Alumni, yaitu Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D. (Direktur Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni UI), Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, M.P.H. (Kepala sub Direktorat Pemagangan dan Hubungan Industri), Sri Daryanti (Kepala Sub Direktorat Pengembangan Karir UI), Dr. Ade Solihat, S.S., M.A. (Kepala Sub Direktorat Pendataan Alumni dan Tracer Study UI).

Tidak semua mahasiswa UT sudah bekerja, untuk itu perlu layanan informasi karir bagi mereka kelak saat sudah lulus dari UT, demikian disampaikan Pak Rahmat Budiman saat kunjungan ke UI. Sedangkan Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D., Direktur Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni UI, dalam sambutannya menyampaikan bahwa UI dengan senang hati menyambut baik atas kedatangan rombongan UT, untuk berdiskusi tentang bagaimana mengembangkan pusat karir sebagai ciri penentu keberhasilan alumi di Universitas masing-masing dalam memenuhi indikator kompetensi umum (IKU) Universitas terkait lulusan. Baru sekitar 10-15% dari seluruh Universitas di Indonesia yang baru mengembangkan pusat karir secara profesional, UI terbaik di Indonesia dalam pencapaian IKU terkait lulusan, demikian diungkapkan oleh Ahmad Syafiq dalam paparannya.

Dalam kesempatan tersebut rombongan UT ditugasi untuk menimba ilmu tentang praktik baik dari pengelolaan Pengembangan Lulusan dan Hubungan Alumni UI tersebut dalam upaya mengembangkan lebih jauh Pusat Informasi Karir UT (https://ut-careerportal.prosple.com/). Fasilitas infomasi Pusat Karir UT tersebut tersedia di salah satu kolom fasilitas dari laman website UT, mempunyai jargon: “Menghubungkan Anda dengan Pekerjaan Impian Anda” khususnya bagi mahasiswa dan lulusan UT.

Adapun pelajaran praktik baik yang didapat dari UI dalam kunjungan tersebut antara lain yaitu perlunya upaya pengembangan investasi lebih jauh yang memerlukan penyiapan modal SDM dan modal finansial yang tidak kecil sehingga pengelolaan layanan informasi Pusat Karir UT dapat berjalan maksimal.

Berbagai insight yang didapat secara detail antara lain mengenai: 1) perlu tim khusus yang menangani alumni termasuk pengelolaan kegiatan Tracer Studi, Informasi Lowongan Pekerjaan, dan Pelaksanaan Wisuda; 2) penggalangan dana abadi yang salah satunya bersumber dari para alumni; 3) pengelolaan wisuda ditangani secara professional oleh Direktorat Pengembangan Lulusan dan Hubungan Alumni; 4) para alumni secara sukarela bekerja secara professional mengelola kegiatan alumni, dengan motto ‘Dari Alumni untuk Alumni”. Acara kunjungan tersebut dilengkapi dengan melihat fasilitas kerja dan layanan karir bagi alumni pada Direktorat Pengembangan Lulusan dan Hubungan Alumni UI.

Dinamika cepat yang terjadi di dunia kerja dan industri, harus diantisipasi oleh UT dengan bekerja secara efektif dan efisien dalam membangun dan mencetak karakter dan daya juang mahasiswa dan alumni yang agile, gesit, dan mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain.