Kunjungan Audiensi Tim Pelaksana Kampus Merdeka UGM ke UT

Universitas Terbuka (UT) pada kesempatan ini menerima kunjungan audiensi dari Tim Pelaksana Kampus Merdeka di bawah koordinasi Universitas Gadjah Mada (UGM) secara luring di Operation Room (OR) Gedung Biro Keuangan, Umum, dan Kepegawaian (BKUK) UT yang berlokasi di Pondok Cabe (25/04/2022). Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) diluncurkan tahun 2021 meliputi kegiatan kemahasiswaan (pertukaran pelajar), kewirausahaan, penelitian, proyek kemanusiaan, dan studi proyek independen. Tim Pelaksana Kampus Merdeka UGM ini terdiri dari akademisi dan praktisi dari berbagai macam latar belakang didiplin ilmu dari berbagai institusi dengan tujuan yang sejalan dengan program Mendikbudristek untuk meninjau jalannya MBKM tersebut.

Kunjungan audiensi dari UGM yang dipimpin oleh Ibu Dessy Aliandrina Ph.D. selaku Kepala Kampus Merdeka Mandiri disambut langsung oleh Wakil Rektor Bidang Institusi dan Kerjasama Rahmat Budiman., S.S., M.Hum., Ph.D. Rombongan terdiri dari beberapa tim ahli teknologi Kemdikbudristek, antara lain Handrich Kongdro, S.E., M.M. dan tiga manager Kampus Merdeka Mandiri, yaitu Heru Wijayanto Aripradono, S.Kom., M.M., M.B.A., M.MT., Dr. Eng. Niki Prastomo, S.T., M.Sc. dan Michael Nathaniel Kurniawan, S.Sn., M.A. Dalam sambutannya, Pak Rahmat Budiman mengatakan bahwa UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berbeda dari PTN lainnya, dengan kedatangannya UGM ke UT bisa saling berbagi informasi dan belajar dalam melaksanakan program MBKM. Selanjutnya, Dessy dalam sambutannya mengatakan tujuannya datang ke UT untuk belajar implementasi praktik-praktik baik MBKM di UT untuk dijadikan contoh. Terkait normalisasi MBKM sesuai dengan arahan Mas Menteri, perlu dilakukan pemetaan program kerja dalam bentuk peta nasional terkait praktik MBKM dari 3700 kampus, salah satunya dari UT.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang sebelumnya dibuka oleh pemaparan implementasi MBKM UT oleh Wakil Dekan Bidang Akademik pada Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) UT, Hendrikus Ivoni Bambang Prasetyo, S.Sos., M.Si. atau biasa dipanggil Papas, yang menjadi salah satu anggota tim pelaksana MBKM UT. Dalam hal ini, Papas menekankan pada berbagai kendala dan permasalahan yang timbul untuk dipertimbangkan dan dicarikan solusi yang tepat. Pertemuan ini juga dihadiri juga oleh Kepala Unit Program Belajar Dalam Jaringan Indonesia (UPBDJI) atau yang dikenal dengan Indonesia Cyber Education Institute (ICE Institute), Prof. Paulina Pannen, M.LS. yang pada kesempatan tersebut membagikan pengalaman dalam mengelola ICE Institute sebagai marketplace kursus online yang dikemas dalam suatu konsorsium beberapa perguruan tinggi. Pertemuan diakhiri dengan kesepakatan untuk menindaklanjuti diskusi dalam bentuk skema kerja sama dalam rangka mendukung program MBKM lebih sukses.