The 25th Knowledge Sharing Forum (KSF) Angkat Tema Kartini Masa Kini

Pada Selasa (26/04/2022) Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan kegiatan Knowledge Sharing Forum (KSF) ke-25 secara virtual melalui platform Zoom Meeting dan YouTube Channel UT TV dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang Sistem, Teknologi, dan Pengelolaan Program Pendidikan Jarak Jauh bagi para dosen, mahasiswa, dan masyarakat.  Kegiatan KSF kali ini mengangkat tema “Kartini Masa Kini” dengan dihadiri oleh dua narasumber, yaitu Prof. Dr. Hj. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE yang merupakan Rektor Universitas Padjajaran dan Prof. Dr. Nyayu Khodijah selaku Rektor UIN Raden Fatah Palembang.

Acara dibuka dengan sambutan dari Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa isu kesetaraan gender menjadi salah satu dari empat prioritas isu yang diusung oleh Women 20 Presidency G20 Indonesia. Menurutnya, kesuksesan perempuan tidak hanya dilihat dari bagaimana dia sukses hari ini, tetapi bagaimana putra  putrinya kedepan akan lebih sukses. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan motivasi bagi wanita sebagai Kartini masa kini untuk terus berkontribusi dan terus berkarya untuk Indonesia maju.

Pada materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Hj. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE disampaikan bahwa kesetaraan gender memiliki peluang yang sama dengan laki-laki, yang mana perempuan juga harus memiliki kewajiban untuk bermanfaat, tidak hanya bagi keluarga, tetapi bermanfaat juga untuk masyarakat sekitar, bangsa, dan negara.

Dilanjutkan pemaparan materi oleh Prof. Dr. Nyayu Khodijah. Yang menarik, beliau menyinggung sedikit bagaimana kesetaraan gender dari sisi agama Islam yang terdapat pada Q.S Al-Hujurat: 13, dimana ayat tersebut memiliki arti “Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu adalah yang paling bertaqwa”. Dari ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa keistimewaan bukan dilihat dari gender seseorang, melainkan dilihat dari tingkat ketaqwaannya, menurut agama islam. Kegiatan Knowledge Sharing Forum (KSF) dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang sekaligus menjadi penutup acara ini.