PPPPTK IPA Kunjungi UT

Berbagai inovasi yang diterapkan oleh Universitas Terbuka (UT) dalam penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang semakin canggih menjadi salah satu nilai lebih UT di mata institusi lain maupun khalayak umum. Salah satu instansi yang tertarik untuk memeroleh informasi dan pengalaman dari UT adalah Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA), sebagai lembaga yang mempunyai tugas dalam memfasilitasi peningkatan kemampuan dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan IPA di Indonesia, yaitu dengan mengirimkan perwakilan para praktisi TIK sebanyak 4 orang ke UT. Pertemuan ini berlangsung secara terbatas di Gedung Wisma 2,  Kantor UT Pusat, Pondok Cabe, Tangerang Selatan (09/03/2022).

Ketua Pokja Data Pengembangan Sistem, dan Teknologi Pembelajaran PPPPTK IPA, Anggraini Dewi yang biasa dipanggil Ibu Dewi ini menyampaikan maksud kunjungan ke Kantor UT Pusat, yaitu ketertarikannya untuk mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan sistem dan jaringan PJJ yang diterapkan oleh UT.

Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT menyambut baik kedatangan tim dari Pokja P4TK IPA. Beliau berharap dengan pertemuan ini UT bisa memberikan pengalaman terkait pengelolaan PJJ PPPPTK IPA dan berlanjut dengan implementasi kerja sama dalam waktu dekat.

Narasumber pada pertemuan ini adalah Dimas Agung Prasetyo, S.Kom., M.Sc., Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Beliau memaparkan pengalaman UT dalam pengembangan dan penyelenggaraan pembelajaran online atau e-learning, mekanisme pengelolaan sistem dan jaringan PJJ dengan jumlah mahasiswa yang sangat besar. Penting bagi UT untuk terus mengembangkan desain sistem pembelajaran untuk peserta didik yang masif dengan sistem yang sederhana tanpa mengesampingkan kualitas.

Acara ditutup dengan campus tour ke Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2) dan Pusat Pengelolaan Bahan Ajar (PUSLABA), dua unit operasional di Kantor UT Pusat yang mempersiapkan pengembangan dan penyediaan bahan ajar ke mahasiswa UT.