Nota Kesepahaman antara UT dengan LDKPI

Institusi pendidikan dan lembaga keuangan memang memiliki keterkaitan, keduanya saling melengkapi, mendukung untuk memajukan bangsa dengan masing-masing bidangnya. Didukung dengan kerja sama yang sinergis, maka layanan bagi masyarakat dapat terwujud dengan baik. Hal ini menjadi dasar Universitas Terbuka (UT) bersama Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) sepakat menandatangani Nota Kesepahaman terkait dengan pengelolaan barang dan jasa milik UT atau biasa dikenal dengan Procurement Information System UT (ProMISe UT), pada Kamis (17/03/2022) di Gedung Wisma 2 UT.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Prof. Ojat Darojat M.Bus. Ph.D. (Rektor UT) dan Tormarbulang Lumbantobing S.E., M.B.A. (Direktur Utama LDKPI) didampingi oleh Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. (Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum), Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama), serta Vigo Widjanarko, S.E., S.Sos., M.M.  (Wakil Direktur LDKPI), dan Azhar Basyir Sy., S.H., M.M. (Kadiv Hukum dan Kelembagaan LDKPI).

Dalam sambutannya, Prof. Ojat sangat mengapresiasi kehadiran dari LDKPI secara langsung ke UT untuk melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman. Beliau menyampaikan bahwa dalam reformasi tata kelola universitas, reformasi tata kelola barang dan jasa di UT memang yang paling menonjol. Merapikan tata kelola barang dan jasa bukan hal yang mudah, namun tetap harus dilakukan demi tercapainya efisiensi dan efektifitas tata kelola UT. “Dampak reformasi tata kelola barang dan jasa ini memang luar biasa, saya menyebutnya better, cheaper, and faster”.

Bapak Tormarbulang menyampaikan, bahwa UT memiliki sistem pengadaan barang dan jasa yang sudah proven oleh karena itu kerja sama ini diharapkan dapat menjawab critical issue yang dihadapi oleh LDKPI terkait tata kelola pengadaaan barang dan jasa. “UT ini sudah puluhan tahun berdiri pasti sudah jago dan proven”. Selanjutnya, beliau berharap selain ProMISe UT ke depan akan ada kerja sama lainya yang bisa digarap bersama, yang telah diwadahi oleh Nota Kesepahaman UT dan LKDPI tersebut, termasuk dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Pengembangan Kelembagaan.