The 11th Cyber Education Forum (CEF): "Game for Our Future"

Indonesia Cyber Education (ICE) Institute mempersembahkan The 11th Cyber Education Forum (CEF) Universitas Terbuka (UT) dengan tema: "Game for Our Future" pada hari Selasa, 29 Maret 2022. Cyber Education Forum (CEF) dilakukan melalui video streaming UTTV dan sebanyak 322 lebih peserta tergabung dalam Zoom meeting.

Acara ini dimoderatori oleh Fauzy Rahman Kosasih, S.S., M.Pd., dosen FKIP-UT. Pada kesempatan kali ini, Indonesia Cyber Education (ICE) Institute mempersembahkan tiga pembicara luar biasa, yang pertama, Dr. Xiuhan Li dari Central China Normal University of China. Dr. Xiuhan Li memaparkan gambaran mengenai Gamifield di Hongkong, China dalam bentuk School Gamified Learning, Museum Gamified Learning, dan Gamified Learning at Home.

Selanjutnya, Dr. Finita Dewi, S.S., M.A. dari Universitas Pendidikan Indonesia membawakan topik mengenai “The Quest of Gamification In Educational Context.” Dalam presentasinya, Dr. Finita Dewi, S.S., M.A. memberikan berbagai contoh pembelajaran dalam bentuk game dengan mengajak para peserta berinteraksi dalam setiap slide-nya.

Terakhir, pemaparan materi dibawakan oleh Dr. Nurhikmah H. S.Pd., M.Si. dari Universitas Negeri Makassar. Pada kesempatan ini Dr. Nurhikmah H. S.Pd., M.Si. membahas mengenai tantangan dan konsep dari gamification in online learning. Dr. Nurhikmah H. S.Pd., M.Si. juga menjelaskan bahwa gamification (memasukan elemen-elemen games ke dalam pembelajaran) tidaklah sulit dan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Misalnya dengan memberikan reward bagi setiap pelajar yang sudah menyelesaikan tugasnya dalam bentuk poin atau bintang.

Setelah pemaparan materi mengenai gamified learning, acara di ditutup dengan dibukanya sesi tanya jawab dan pemberian sertifikat oleh Bapak Ramdhan Kurniawan, S.ST. Par., M.M. kepada tiga pembicara pada hari ini, Dr. Xiuhan Li, Dr. Finita Dewi, S.S., M.A., dan Dr. Nurhikmah H. S.Pd., M.Si.