UT Tandatangani Kesepakatan Bersama Dengan Pemkab Nias Barat

Universitas Terbuka (UT) selalu berupaya memperluas daya jangkau layanan ke masyarakat hingga ke pelosok negeri. Ini terbukti dari rencana UT membuka Sentra Layanan UT (SALUT) di Kepulauan Nias yang berlokasi di Kabupaten Nias Barat. UT dan Pemkab Nias Barat menandatangani Kesepakatan Bersama pada Rabu (19/01/2022). Penandatanganan dilakukan oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dengan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, di dampingi oleh Wakil Bupati Dr. Era Era Hia, M.M., M.Si dan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT, Rahmat Budiman Ph.D bertempat di Aula Gedung Kualitas Lt.3 Universitas Terbuka.

Rektor UT menyambut baik silahturahmi yang terjalin melalui penandatanganan kesepakatan bersama dalam meningkatkan kualitas SDM dengan Pemkab Nias Barat. Dalam sambutannya Rektor menyampaikan bahwa UT berharap dengan kesepakatan ini kualitas SDM masyarakat Pemkab Nias Barat akan dapat meningkat. Rektor juga berharap Bupati Nias Barat dapat mengimbau kepada ASN pada lingkungannya, agar melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 atau S3. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan ruang untuk meningkatkan jenjang karier melalui kualifikasi pendidikan tanpa meninggalkan pekerjaannya, tanpa ada lagi hambatan dari aspek geografis, waktu hingga ekonomi.

Bupati Nias Barat beserta jajarannya, untuk pertama kalinya berkunjung ke UT. Dalam sambutan beliau menyampaikan menyambut baik realisasi kerja sama yang dijalin dengan UT. "Melalui PTTJJ, Pulau Nias yang berada di sebelah barat Sumatera terdiri dari 5 kabupaten kota, dengan jumlah jiwa kurang lebih 880.988 jiwa secara keseluruhan, dan dengan adanya pelayanan pendidikan UT di Nias diharapkan  pegawai Pemkab Nias Barat dapat mengenyam pendidikan tanpa ada batasan ruang dan waktu, sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sekaligus pengembangan kualitas masyarakat Nias pada khususnya," ujar Khenoki Waruwu. Kemudian, acara ditutup dengan sesi foto bersama. Mengawali kerjasana  UT dengan Pemkab Nias Barat, selanjutnya akan didirikan SALUT Nias Barat sebagai upaya memperluas daya jangkau layanan UT, dan membantu APK di Nias Barat sehingga Nias Barat dapat mengejar ketertinggalan dari daerah lain di Sumatera Utara. Turut hadir pula Kepala UPBJJ-UT Medan untuk tindak lanjut kerja sama dengan Pemkab Nias Barat ini.