Sarasehan 5 Perguruan Tinggi PK-BLU Menuju Transformasi PTN-BH

Dalam rangka mewujudkan Transformasi dari Perguruan Tinggi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) menuju PTN-BH, UT bersinergi melaksanakan Sarasehan 5 PTN PK-BLU bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) Pondok Cabe (07/01/2022). 5 PTN tersebut diantaranya yaitu Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Acara dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor beserta tim PTN-BH dari masing-masing PTN.

Sarasehan dibuka oleh tuan rumah, Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D. Beliau menyampaikan bahwa PTN yang hadir pada saat ini akan naik kelas dari PK-BLU menjadi PTN-BH. Beliau menambahkan pada sebelumnya tanggal 2 Desember 2021 telah dilakukan workshop di Jakarta untuk memperoleh kesamaan pandangan tentang hal-hal umum dalam draft Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) dalam bidang Keuangan, SDM, Aset dan Tata Kelola. Forum tersebut menyepakati pembahasan lanjutan berupa forum diskusi atau Sarasehan membahas RPP 4 bidang di atas. Pada awalnya, peserta sarasehan ini terdiri dari 4 PTN, yaitu UT, UNNES, UNESA dan USK yang sedang mempersiapkan transformasi menuju PTN-BH. Selanjutnya, dalam proses persiapan, ada penambahan 1 peserta dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang juga sedang mempersiapkan menjadi PTN-BH.

Hadir pada acara ini narasumber di antaranya secara virtual yaitu Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek, Ir. Suharti, M.A., Ph.D., Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., Prof. Ainun Na’im, Ph.D, M.B.A., Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan-RB, Rini Widyantini, SH., MPM, Kepala Biro SDM Kemedikbud Ristek, Dra. Dyah Ismayanti, M.Ed., Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Kemedikbud Ristek, Faisal Syahrul, SE., dan satu narasumber hadir langsung di UTCC yaitu Direktur Harmonisasi Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham, Dr. Roberia, SH., MH.

Acara berlangsung dengan baik dan tetap mematuhi protokol kesehatan, baik swab antigen, memakai masker dan menjaga jarak.