DPRD Kota Madiun Sambangi UT

Sebagai pelopor Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ), Universitas Terbuka (UT) makin banyak dijadikan rujukan dalam hal pengelolaan PJJ di Indonesia oleh berbagai institusi, baik Pendidikan maupun non pendidikan. Modus PJJ sangat fleksibel sehingga sangat cocok untuk siapapun yang ingin melanjutkan kuliah dengan segala kesibukan, keterbatasan tempat dan waktu. Hal ini terbukti  dengan kunjungan studi banding DPRD Kota Madiun yang ingin lebih mengenal UT dan menambah wawasan PJJ, termasuk di dalamnya Program Wajib Kuliah. Acara yang berlangsung di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) pada 11 Januari 2022 ini, tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak. Mewakili  UT hadir Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, Dekan FHISIP, Kepala BPPU, Ketua Jurusan Ilmu Administrasi FHISIP serta  Jajaran pimpinan dari DPRD Kota Madiun, Wakil Ketua DPRD, Sekretaris Dewan, Ketua Komisi I dan II beserta tim dan acara dipandu oleh Kepala PPHIK-LPPM UT Dr. Sri Sediyaningsih M.Si 

Mewakili Rektor yang sedang menghadiri Forum Rektor Indonesia di Malang, dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik UT, Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A., menyambut baik kedatangan pimpinan dan anggota DPRD Kota Madiun ke UT. Beliau menyampaikan bahwa ada dua misi yang diemban oleh UT yaitu, pertama UT menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat. Tidak ada batasan usia siapapun bisa mengenyam pendidikan tinggi di UT. Hal ini didukung oleh keberadaan teknologi yang dimiliki UT untuk melayani mahasiswa yang tersebar di 39 UPBJJ-UT dan di lebih dari 52 negara. Misi kedua yaitu membangun budaya belajar mandiri sepanjang hayat. UT melatih para mahasiswa untuk belajar dari berbagai sumber untuk terus memperbaruipengetahuan. Sambutan dilanjutkan dengan paparan mengenai Wajib Kuliah UT.

Wakil Ketua DPRD Kota Madiun, Drs. H. Armaya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Madiun menyambut baik program yang ditawarkan oleh UT. DPRD memilih untuk bekerja sama dengan UT, karena UT menawarkan kemudahan salah satunya PJJ yang menawarkan fleksibilitas waktu belajar. Beliau menambahkan bahwa DPRD akan memberikan beasiswa kepada masyarakat Kota Madiun yang berprestasi untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi.

Paparan UT sebagai PTJJ disampaikan oleh Aminudin Zuhairi, Ph.d selaku Dosen FKIP, dilanjutkan dengan penyampaian Rintisan Kerja Sama UT-DPRD Kota Madiun oleh Dr. Sofjan Aripin, M.Si. selaku Dekan FHISIP UT. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab.