UT Menerima Kunjungan IAIN Batusangkar

Sebagai pelopor Perguruan Tinggi Negeri Terbuka dan Jarak Jauh, Universitas Terbuka (UT) menjadi benchmark untuk pembelajaran jarak jauh bagi perguruan tinggi lain di tanah air. Pada kesempatan ini UT menerima kunjungan dari IAIN Batusangkar Sumatera Barat, perihal sistem akademik dan perpustakaan digital yang dimiliki UT. Bertempat di Gedung Perpustakaan UT lantai IV, kegiatan ini dihadiri oleh pejabat dan staf dari kedua institusi (3/12/2021).

Acara dibuka oleh sambutan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Rahmat Budiman, M.Hum.,Ph.D. Beliau menyambut baik kunjungan dari IAIN Batusangkar untuk saling belajar. Sebagai Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ), UT menerapkan sistem online mulai dari pendaftaran sampai ujian. Mahasiswa dibimbing untuk dapat malakukan registrasi mandiri sehingga membantu tugas pihak Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT di daerah lebih efisien. Beliau menambahkan, biaya studi dari mahasiswa sudah termasuk memeroleh hak akses bahan ajar digital dan dapat memilih tutorial yang diinginkan pada saat registrasi. UT mengembangkan automatic online proctoring untuk memastikan ujian berjalan dengan prinsip akademik yang benar. Beliau berharap dari pertemuan UT dengan IAIN Batusangkar pada hari ini, dapat menghasilkan kerja sama yang baik dalam bidang “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” (MBKM) sesuai dengan peraturan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Batusangkar, Dr. Ridwal Trisoni, S.Ag., M.Pd. berterima kasih atas sambutan yang berikan UT untuk dapat belajar. IAIN Batusangkar masih berumur 6 tahun karena baru bertransformasi dari institut ke universitas. Beliau menambahkan bawah ada rencana setelah pandemi berakhir, perkuliahan terbagi menjadi 2 yaitu secara online dan tatap muka. Selain itu, IAIN Batusangkar berencana memiliki perpustakaan digital. UT dianggap tempat yang tepat untuk belajar karena tetah memiliki pengalaman yang sangat baik.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan sistem informasi pengelolaan mahasiswa UT oleh Sub Koordinator Bidang Beasiswa, Minat dan Bakat Mahasiswa pada BAKP, Harisman Indra, S.T. kemudian diikuti oleh sesi tanya jawab dan ditutup dengan pertukaran cinderamata. Kegiatan ini berlangsung dengan mengikuti protokol kesehatan seperti membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak. Rombongan IAIN Batusangkar mengakhiri agenda kegiatan di UT dengan kunjungan ke Pusat Pengembangan Multimedia (P2M2) di mana bahan ajar UT, baik cetak ataupun noncetak, dikembangkan.