UT Gelar Wisuda Periode II Tahun Akademik 2020/2021

Pondok Cabe, 30 November 2021 – Masih di tengah pandemi Covid-19, Universitas Terbuka (UT) menggelar wisuda periode II secara daring yang diikuti wisudawan melalui aplikasi Zoom dan disiarkan juga pada channel YouTube UT TV. Sebanyak 1.000 wisudawan mengikuti prosesi wisuda yang berasal dari 39 Kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT se-Indonesia dan 7 mahasiswa UT di luar negeri.

 

Orasi ilmiah disampaikan oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H. Beliau memaparkan tentang perkembangan di Era Disrupsi, serta memberikan motivasi untuk menjadi SDM yang unggul.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Umum Komite Olahraga Nasional  (KONI) Pusat, Letnan Jendral TNI (Purn) Marciano Norman. Beliau menyampaikan bahwa pola pembelajaran UT yang sangat tepat untuk para atlet nasional maupun daerah karena waktu latihan yang sangat ketat namun tetap dapat mengenyam pendidikan tinggi.

Pada kesempatan ini, UT juga melakukan Penandatanganan Kerja Sama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil Kemendagri dalam hal pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik dalam lingkup UT dan KONI dalam hal Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) UT.

 

Dalam sambutannya, Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan studinya. Dengan mengangkat tema wisuda “Mewujudkan SDM Unggul Melalui PTTJJ di Era New Normal,” beliau menyampaikan bahwa di Era New Normal dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang mampu beradaptasi dengan kondisi era kenormalan baru. Hal ini sejalan dengan gagasan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) dalam implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Dalam merespon kemajuan teknologi digital, UT membangun SDM unggul melalui Digital Learning Ecosystem, baik dalam pelayanan akademik maupun non-akademik.

 

Acara dilanjutkan dengan pembacaan SK Rektor tentang Pengukuhan Kelulusan oleh Dr. Milwan, S.Sos., M.Si. dan pembacaan SK Rektor tentang lulusan terbaik oleh Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. Wisudawan terbaik pada kesempatan ini yaitu Ni Putu Ariasih dari Program Magister Manajemen Bidang Minat Keuangan dari UPBJJ-UT Denpasar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00 (Predikat Kelulusan Dengan Pujian) dan Gurnadi dari Program Studi Ilmu Hukum UPBJJ-UT Batam dengan IPK 3.96 (Predikat Kelulusan Dengan Pujian). Saudara Gunardi berkesempatan hadir secara langsung di UTCC dan Saudari Ni Putu Ariasih hadir langsung di UPBJJ-UT Denpasar.

 

Janji Wisudawan dibacakan oleh Wisudawan Terbaik UPBJJ-Batam, Gunardi, didampingi oleh pembawa bendera menggunakan pakaian adat Palembang dan Jawa. Acara ditutup oleh Rektor UT dan dimeriahkan oleh Kamasean Yoce Matthews atau yang akrab disapa, Sean, mahasiswa UT berprestasi. Pemenang ajang bergengsi di salah satu TV Swasta yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) UT. Walau dilaksanakan secara daring namun penghargaan pencapaian prestasi lulusan UT dapat berjalan dengan khidmat.