UT dan KONI Pusat Bersinergi untuk Atlet Berprestasi

Heterogen mahasiswa Universitas Terbuka (UT) di seluruh Indonesia dari letak geografis dan latar belakang kehidupan menjadikan UT sangat perguruan tinggi yang sangat fleksibel bagi semua kalangan masyarakat yang ingin mengenyam pendidikan tinggi.

Dari pencapaian mahasiswa-mahasiswi UT di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua melandasi kerja sama antara Komite Olahraga Nasional (KONI) dan UT. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilaksanakan di tengah rangkaian Wisuda UT daring periode II tahun akademik 2020/2021. PKS berisi tentang Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh Universitas Terbuka yang ditandatangani oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letnan Jendral TNI (Purn) Marciano Norman dengan Rektor UT, Prof. Ojat Darojat M.Bus., Ph.D.

Dalam sambutannya Bapak Marciano Norman menyampaikan KONI Pusat menyambut baik kerja sama dengan UT yang diwujudkan dengan program beasiswa bagi altet Indonesia. Kerja sama ini diawali dengan sejumlah mahasiswa UT yang meraih medali di ajang bergengsi, PON XX Papua. Beliau menyatakan bahwa pola pembelajaran UT yang sangat tepat untuk para atlet nasional maupun daerah. Para atlet tetap dapat menempuh pendidikan tinggi dan tetap memenuhi waktu latihan yang ketat. Melalui bidang olahraga, para atlet yang merupakan patriot bangsa dapat mengangkat harkat martabat baik daerah maupun negara.

Kesempatan belajar di UT, menjadikan bekal bagi para atlet untuk menjadi SDM yang jauh berkualitas, sehingga terwujud olahraga dan pendidikan yang kuat. Para atlet tidak hanya berprestasi di lapangan, namun juga dibekali ilmu pengetahuan.

Prof. Ojat Darojat pun menyampaikan dalam sambutannya dalam rangka peningkatan kompetensi SDM melalui Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh, UT juga telah meluncurkan beragam bantuan. Bantuan biaya pendidikan termasuk paket relaksasi yang diberikan UT mencapai sekitar 16 miliar rupiah. Bantuan beasiswa diberikan kepada mahasiswa UT yang kurang mampu, termasuk mahasiswa penyandang catat (disabilitas), mahasiswa UT yang berprestasi, dan mahasiswa yang mendapat medali dalam penyelenggaraan PON XX Papua 2021. Selain itu, sebagai wujud kepedulian kepada para atlet berprestasi lainnya, UT juga menyediakan 100 beasiswa pendidikan bagi para atlet berprestasi yang ingin melanjutkan kuliah di UT. Dengan kerja sama ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kompetensi dan pengetahuan anggota Dewan Pengurus KONI dalam rangka pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang andal.