Pengukuhan Guru besar UT di penghujung 2021

Di penghujung tahun 2021, kini Universitas Terbuka (UT) menambah daftar Guru Besar menjadi total 18 orang. Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyerahkan SK guru besar kepada dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UT, Prof. Dr. A.A. Ketut. Budiastra, M.Ed. pada hari Jumat(09/12/2021) di Gazebo danau UT, Tangerang Selatan.

Acara ini dibuka oleh ketua panitia Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si., Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Profesi UT. Bapak Agus yang akrab dipanggil Pak AJP menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk  mengapresiasi karier dosen UT dan untuk merangsang rekan-rekan lain di UT untuk meraih predikat guru besar. "Diharapkan acara ini bisa memberikan dorongan dan meningkatkan rasa percaya diri kita untuk terbang tinggi di angkasa meraih reputasi internasional yang lebih berkualitas", ucapnya.

Dalam sambutannya, Prof Ojat menyampaikan bahwa salah satu indeks kinerja utama perguruan tinggi adalah terkait dengan jumlah guru besar dan dengan bertambahnya guru besar UT di akhir 2021 ini merupakan suatu pencapaian yang sangat baik untuk UT. "Kita sangat percaya  guru-guru besar adalah orang-orang yang terpilih dan hebat yang Insya Allah kini menjadi penjaga marwah kewibawaan akademik pendidikan tinggi kita" ujarnya. Prof. Ojat menambahkan, sebagai pimpinan UT beliau tetap terus aktif mengawal rekan-rekan di lingkungan kerja UT dalam upaya meraih predikat guru besar.

Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. yang merupakan Ketua Dewan Guru Besar UT merasa senang dan bersyukur dengan bertambahnya Guru Besar di UT. Beliau berharap dengan bertambahnya Guru Besar nama UT menjadi lebih baik. Tidak sekadar dikenal dengan lulusan terbanyak namun juga dikenal dengan kualitas SDM yang unggul. "Semoga dengan bertambahnya guru besar, nama UT di luar dikenal sebagai universitas yang memiliki para intelektual yang mampu menyumbangkan pikirannya untuk kepentingan nasional", ujarnya.