Universitas Terbuka Tandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Universitas Negeri Gorontalo

Sebagai salah satu bentuk implementasi program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Terbuka (UT) menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) (1/11/2021). Penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dengan Rektor UNG, Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT, bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Dalam sambutannya, Prof. Ojat Darojat menyampaikan bahwa UT menyambut baik kerja sama dengan UNG. Menurutnya, kerja sama ini  merupakan bagian sangat penting sebagai salah satu program strategis dalam upaya UT dan mitra perguruan tinggi untuk mendukung pemerataan akses pendidikan tinggi untuk seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, kerja sama ini dapat memberikan kesempatkan kepada masyarakat yang lebih luas untuk dapat masuk ke perguruan tinggi dimanapun mereka berdomisili, baik dikota, di daerah terpencil, terluar, maupun tertinggal. Oleh karena itu, Uang Kuliah Tunggal (UKT)) yang ditentukan UT harus sangat terjangkau untuk semua masyarakat melalui penerapan sistem belajar jarak jauh. Selain itu, diharapkan melalui penandatanganan PKS dengan UNG, UT dapat bersinergi dalam memperkokoh jejaring kemitraan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa, serta bersinergi dalam hal pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok menyambut baik ajakan UT untuk bersinergi.  Menurutnya, keberadaan UT sangat penting sebagai perguruan tinggi yang paling siap dalam situasi seperti pandemi saat ini. Dengan melakukan cerminan terhadap sistem yang diterapkan oleh UT yakni pembelajaran jarak jauh (PJJ), Rektor UNG menyatakan bahwa penerapan PJJ sejalan dengan pencapaian target meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan ia sependapat bahwa kerja sama ini merupakan kunci untuk lebih meningkatkan kapasitas dan meningkatkan SDM melalui pendidikan tinggi.

Sebagai puncak acara tersebut,  kedua rektor melakukan penandatanganan naskah PKS didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. dan Wakil Rektor Wakil Rektor Bidang Akademik UNG, Dr. Harto S. Malik, M.Hum. Acara diakhiri foto bersama dan kunjungan ke beberapa unit yang ada di UT Pusat.