Universitas Terbuka Berkomitmen Melaksanakan RAN P4GN

Universitas Terbuka (UT) tidak hanya memiliki komitmen untuk menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ), namun juga berkontribusi aktif dalam berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

Salah satu peran aktif yang dilakukan oleh UT adalah turut mendukung dan mengimplementasikan Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (RAN P4GN) dan Prekursor Narkotika 2020-2024 di lingkungan sivitas akademika UT.

Pada tanggal 17 November 2021, bertempat di Poliklinik, UT Pusat bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang Selatan telah melaksanakan kegiatan Pemeriksaan/Skrining Narkotika dengan melakukan pengambilan sampel tes urine terhadap 90 orang pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dari beberapa unit kerja yang berada di lingkungan UT Pusat.

drg.Vinna Tauria, selaku penanggung jawab kegiatan tersebut menyatakan bahwa “saat ini peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika sudah sangat mengkhawatirkan dan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kualitas kehidupan manusia. Peredaran narkotika di lingkungan pendidikan layaknya fenomena gunung es. Masih banyak kasus di luar sana yang serupa atau bahkan lebih memprihatinkan, hanya saja tidak terekspos”.

Untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang bersih dan terbebas dari narkoba, sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan narkotika dalam bentuk dan skala apapun UT telah berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan serupa secara rutin bagi seluruh pegawai UT baik Pusat maupun Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). *Nisa Afriza*