Pelantikan Rektor Universitas Terbuka Periode 2021 -2025

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim resmi melantik Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. sebagai Rektor Universitas Terbuka (UT) periode 2021-2025 pada Selasa, 24 Agustus 2021. Prof. Ojat menghadiri pelantikan secara daring melalui Zoom Meeting yang disaksikan oleh keluarga dan pejabat di lingkungan UT. Dalam kesempatan yang sama, Mendikbudristek juga melantik Pejabat Tinggi Madya, Pratama, Rektor Universitas, dan Direktur Politeknik. Acara pelantikan tersebut ditayang juga secara langsung pada Channel Youtube Kemendikbudristek.

Dalam sambutannya, Nadiem Makarim menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 menjadi lompatan dalam disrupsi teknologi dengan berbagai dinamika yang dihadapi. Nadim berpesan untuk meningkatkan kinerja dan menguatkan kolaborasi guna menghadirkan layanan yang terbaik di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Menurut Nadiem, Rektor adalah Duta Merdeka Belajar, Kampus Merdeka. Ia berharap Rektor menjadi tombak keberhasilan dalam membangun mahasiswa untuk berinovasi, serta memastikan perguruan tinggi menghasilkan insan yang cerdas dan berkarakter. 

Sebelum pelantikan dilaksanakan, UT telah menyelenggarakan tahapan pemilihan Rektor UT telah dilaksanakan pada Februari – Maret 2021. Prof. Ojat terpilih menjadi Rektor UT dari empat bakal calon Rektor UT yang memenuhi syarat.