UT Menerima Audiensi Virtual UP

Universitas Terbuka (UT) menerima audiensi Universitas Pancasila (UP) secara virtual yang dihadiri oleh para jajaran pimpinan dari kedua universitas pada Rabu, 21/07/2021. Tidak sekadar kunjungan biasa, kegiatan ini menjadi sarana diskusi terkait inisiasi kerjasama antara kedua universitas.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT. Beliau mengapresiasi UP sebagai universitas yang cukup berpengalaman berkenan untuk berkunjung ke UT. Pak Rahmat berharap akan ada pertemuan selanjutnya yang membahas secara detail tentang peluang kerjasama yang bisa digarap bersama.

Sambutan dari UP, disampaikan oleh Dr. Syamsurizal, S.S., M.E., Wakil Rektor Bidang Humas Ventura, Hukum dan Kerjasama. Dalam sambutannya, beliau berterima kasih kepada UT atas kesediaannya untuk menerima UP. Selain untuk menyimak sharing pengalaman UT tentang PJJ, UP juga berharap untuk bisa menjajaki kerjasama dengan UT terkait program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). UP menyadari bahwa UT adalah pelopor dan penggerak Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di Indonesia. UT menunjukkan bagaimana belajar di era digital, ketika orang belajar tanpa adanya batasan.

Kegiatan dilanjutkan oleh Dr. Aminudin Zuhairi, Ph.D., narasumber utama UT yang memaparkan materi tentang PJJ. Beliau menjelaskan PJJ secara komprehensif, mulai dari sejarahnya sampai dengan kendala dan solusinya terkait PJJ yang dilaksanakan UT. Sesi dilanjut dengan diskusi dan tanya jawab. Antusiasme di sesi ini cukup tinggi terlihat dari banyaknya pertanyaan dari UP mengenai PJJ. Meskipun audiensi virtual, UT berharap kegiatan ini memenuhi target yang diharapkan UP. Pertemuan virtual ini diakhiri dengan sesi foto bersama.