UT dan ITN Malang Sepakat Tanda Tangani Nota Kesepahaman

Universitas Terbuka (UT) dan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang sepakat bekerja sama dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dengan Rektor ITN Malang Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE. yang dilakukan secara daring pada Kamis, 17 Juni 2021.

Rektor ITN Malang mengungkapkan bahwa menyambut kerja sama UT dengan ITN Malang dan diharapkan kerja sama dapat dilaksanakan segera. Ia juga mengapresiasi atas capaian UT dengan jumlah mahasiswa yang tinggi serta jaringan yang dimiliki UT dari Sabang sampai Merauke. Melalui kerja sama ini, harapannya ITN Malang dapat menyelenggarakan pendidikan secara jarak jauh (PJJ) seperti UT. Beliau juga tidak meragukan kemampuan UT dalam menjalankan sistem PJJ. 

Dalam sambutannya, Rektor UT menyambut baik kerja sama dengan ITN Malang yang diharapkan dapat memberikan keberkahan bagi bangsa serta menyukseskan visi dan misi pemerintah yaitu membangun kualitas sumber daya manusia tanah air yang kompeten. Melalui PJJ, diharapkan dapat menampung jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Namun, jumlah mahasiswa UT masih tergolong lebih rendah jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa di Indira Gandhi National Open University yang saat ini melayani 4 juta mahasiswa. Sejak 36 tahun silam, UT menyelenggarakan pendidikan dengan biaya yang terjangkau dengan tetap menjaga kualitas pendidikan bagi mahasiswanya. Rektor UT berharap bahwa education for all, pendidikan yang berkualitas bisa dirasakan ke seluruh pelosok tanah air.