Selamat Hari Lahir Pancasila, Selamat Membumikan Pancasila

Setiap 1 Juni, masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila guna menghormati jasa Bapak Proklamator Ir. Soekarno, pendiri bangsa sekaligus berkomitmen pada Pancasila sebagai ideologi negara. Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 dilaksanakan secara luar jaringan (luring) di depan Gedung Pancasila, Jakarta dan dalam jaringan (daring) yang dapat disaksikan secara langsung oleh masyarakat Indonesia. Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini yaitu “Pancasila dalam Tindakan Bersatu untuk Indonesia Tangguh”.

Selaku Inspektur Upacara, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, hadir secara virtual melalui Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi mengenakan baju adat dari Kabupaten Tanah Bumbu. Melalui peringatan hari Pancasila diharapkan dapat menjadi sarana dalam mengukuhkan nilai-nilai Pancasila dalam berbangsa dan bernegara.

Presiden menyampaikan bahwa Indonesia menghadapi berbagai tantangan yaitu globalisasi yang dapat meningkatkan rivalitas antar pandangan, nilai-nilai dan ideologi. Semakin pesatnya perkembangan IPTEK melalui Revolusi Industri 4.0 serta konektivitas 5G dapat mempermudah interaksi antar dunia dan pelosok Indonesia. Di sisi lain, kemudahan interaksi dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan ideologi transnasional radikal. Presiden mengingatkan masyarakat untuk memanfaatkan IPTEK dengan baik dan menjadikan Pancasila sebagai fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Presiden berpesan agar masyarakat Indonesia bersatu padu dan bergerak aktif memperkukuh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Selamat Hari Lahir Pancasila, Selamat Membumikan Pancasila