Rektor UT Hadir di Jaya Suprana Show

Jaya Suprana yang dikenal sebagai pengusaha sekaligus Pendiri Museum Rekor Indonesia, mengundang Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat, M.Bus. Ph.D. untuk hadir secara daring dalam acara Jaya Suprana Show, Selasa (8/6/2021). Jaya Suprana Show yang tayang dalam platform Youtube menghadirkan berbagai narasumber dari beragam bidang untuk berbincang santai mengenai kondisi dunia terkini.

Perbincangan dimulai dengan rasa terima kasih Jaya Suprana kepada Rektor UT yang berkenan hadir secara daring. Jaya menyatakan bahwa pandemi Covid-19 mengubah berbagai tatanan di dunia termasuk pada bidang pendidikan.

Rektor UT bercerita mengenai awal mula berdirinya UT yang bertujuan untuk pemerataan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Indonesia. Dengan kata Terbuka, UT memberikan layanan pendidikan tinggi dengan sistem pendidikan terbuka jarak jauh bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) tanpa terkecuali.

Menurut Ojat, UT menjawab masalah daya tampung mahasiswa yang terjadi pada perguruan tinggi konvensional. Pembelajaran di UT menggunakan moda pendidikan jarak jauh (PJJ) dengan mengedepankan pembelajaran mandiri (self-learning). Bahan ajar digital maupun cetak milik UT dapat dipahami secara mandiri karena berbasis self-contained. Pembelajaran dapat dilakukan tanpa butuh bantuan orang lain dan dapat dipelajari kapan saja.

Ojat menambahkan bahwa terobosan yang dimiliki UT saat ini yaitu membangun ujian online dengan memanfaatkan online proctoring, mahasiswa dapat melaksanakan ujian dimana saja tanpa harus ke ruang ujian secara fisik.

Jaya Suprana mengungkapkan rasa kagum, memberikan penghormatan dan penghargaan kepada para pendiri UT. UT telah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jaya mengapresiasi kualitas yang dijaga oleh UT dan menyediakan pelayanan pendidikan tinggi dengan biaya yang terjangkau.

Saat ini UT dipercaya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk mengelola Indonesia Cyber Education Institute (ICE Institute) bersama para mitra dalam menyediakan pembelajaran online secara nasional.