fbpx
Pembukaan_Konferensi_AAOU_ke-34_2

Prof. Ojat Buka Konferensi AAOU ke-34

Sebagai suatu organisasi beranggotakan kumpulan universitas yang mengusung sistem pendidikan jarak jauh di negara-negara Asia, Asian Association of Open Universities (AAOU) menggelar konferensi setiap tahunnya. Konferensi tersebut diselenggarakan secara bergantian oleh anggota AAOU sebagai host. Konferensi AAOU pada tahun ini merupakan konferensi yang ke-34 berlangsung di Sri Lanka pada tanggal 1 – 3 Juni 2021. Bertindak sebagai tuan rumah yaitu the Open University of Sri Lanka (OUSL) di mana untuk pertama kalinya konferensi AAOU diselenggarakan secara hybrid, yaitu secara tatap muka untuk peserta di Sri Lanka dan secara virtual untuk peserta di luar Sri Lanka.

Tema konferensi AAOU 2021 adalah “Opening minds for a sustainable future: Re-orienting ODL to surmount challenges”. Tema ini berkaitan dengan konsep pendidikan holistik dan transformasionalis yang ditetapkan oleh UNESCO, diantaranya; 1. Konten pembelajaran dan hasil yang memberdayakan keputusan yang tepat dan tindakan yang bertanggung jawab pada isu-isu kritis seperti perubahan iklim, keanekaragaman hayati, pengurangan risiko bencana, 2. Pedagogi dan lingkungan belajar yang berfokus pada pengajaran yang berpusat pada peserta didik yang memungkinkan pembelajaran eksploratif, berorientasi pada tindakan, dan transformatif, 3. Keterlibatan dalam mempelajari dan memperkenalkan kompetensi inti seperti berpikir kritis dan sistematis, pengambilan keputusan kolaboratif, dan mengambil tanggung jawab untuk generasi sekarang dan mendatang, dan 4. Pemberdayaan peserta didik dari segala usia, dalam konteks pendidikan apa pun, untuk mengubah diri mereka sendiri dan masyarakat tempat mereka tinggal.

Menjabat sebagai  Presiden AAOU periode 2020-2022, Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. membuka konferensi AAOU ke-34. Dalam sambutannya, Prof. Ojat menggarisbawahi tema konferensi AAOU KE-34 “Opening minds for a sustainable future: Re-orienting ODL to surmount challenges” dengan harapan  dapat memberikan motivasi untuk bekerja secara harmonis dan meningkatkan masyarakat, ekonomi, dan lingkungan yang berdampak positif satu sama lain. Beliau juga berharap seluruh partisipan pada acara konferensi ini mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang cukup, terutama dalam kontribusi untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDG) dengan fokus pada kualitas pendidikan yang inklusif dan adil serta memperkenalkan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua. Acara ini ditutup dengan sambutan Prof. Ojat dengan agenda pengumuman pemenang the AAOU Awards 2021 yang diumumkan oleh Sekretaris Jenderal AAOU periode 2020 -2022 yaitu Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D., yang saat ini menjabat Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Universitas Terbuka.

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten – Indonesia

© Universitas Terbuka 1984 - 2024