UT Sepakat Kerja Sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo

Universitas Terbuka (UT) terus melebarkan sayapnya menjalin kemitraan di bidang pendidikan jarak jauh (PJJ). Kali ini, UT menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo yang diwujudkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pada Kamis (29/4/2021) di Universitas Terbuka Convention Center.

Kerja sama UT dan Pemda Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo sepakat dalam Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Kelembagaan. Nota Kesepahaman (MoU) ini ditandatangani oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dan Bupati Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo H. Saipul A. Mbuinga, serta disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dra. Lusiana Bouty, M.Pd.

Dalam sambutannya, Rektor UT menyambut baik kerja sama yang akan dijalin dengan Pemda Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Harapannya, UT dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualifikasi pendidikan bagi guru, Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri dan masyarakat di Pemda Kab. Pohuwato. Prof. Ojat menambahkan bahwa UT telah menyelenggarakan PJJ sejak 36 tahun silam yang memberikan akses dan solusi pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pendidikan tinggi yang ditawarkan UT telah diakreditasi oleh BAN-PT serta di-review oleh ICDE secara berkala. Hingga April 2021, tercatat sebanyak 310,974 mahasiswa aktif UT yang tersebar di Indonesia dan 46 negara.

Kemudian, Bupati Kabupaten Pohuwato menyampaikan bahwa pendidikan merupakan fondasi suatu bangsa, khususnya para pemangku kepentingan. Menurut Saipul, PJJ yang dimiliki UT menjadi jawaban untuk belajar secara jarak jauh dalam meningkatkan SDM para aparat desa, aparatur negara, arsiparis dan masyarakat Pemda Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Saipul mengapresiasi UT atas capaian untuk tetap melangsungkan Pendidikan tinggi tanpa terkendala dalam pandemi Covid-19.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. memperkenalkan Institute of Cyber Education yang merupakan galeri pembelajaran daring berupa market place bagi berbagai institusi untuk menawarkan program studi. Acara diakhiri dengan tour campus berkeliling UT serta mengunjungi Gedung Pusat Pengelolaan Bahan Ajar (PUSLABA) dan Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2).