Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Universitas Terbuka dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia

Universitas Terbuka (UT) dan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada Senin (05/04/2021). Penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dengan Kepala BP2MI, Benny Rhamdani bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A, melalui rekaman video. Beliau mengucapkan selamat atas kerja sama yang terjalin antara BP2MI dengan Universitas Terbuka. Selain itu, mengapresiasi BP2MI yang telah berkomitmen memperkuat perlindungan terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui sinergi di bidang pendidikan dan kebudayaan serta UT yang menjadi agen penggerak untuk mendukung perwujudan upaya tersebut. Sinergi tersebut memberikan kesempatan bagi pekerja migran untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan yang memberikan dampak luar biasa pada upaya pelindungan dan kesejahteraan mereka.

Dalam sambutannya, Benny Rhamdani menyatakan bahwa saat ini kita memasuki industri 4.0 oleh karena itu sistem pembelajaran yang diterapkan oleh UT sudah sangat tepat. Kerja sama ini menjadi potensi untuk meningkatkan pendidikan PMI yang bekerja di luar negeri. Sejalan dengan visi misi BP2MI untuk menciptakan PMI yang merdeka, berdaya dan sejahtera. Kerja sama BP2MI dengan Universitas Terbuka bagian dari tindak lanjut dari MoU antara BP2MI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Berikutnya, sambutan diberikan oleh Prof. Ojat Darojat. Pada saat ini BP2MI kembali berkomitmen dengan UT untuk melakukan kerja sama yang telah disepakati sejak tahun 2018. Kesepakatan kerja sama ini memberikan kesempatan kepada UT untuk melakukan sosialisasi dan edukasi bagi calon PMI yang akan berangkat ke luar negeri serta memberikan pelatihan bagi para instruktur BP2MI yang bertugas dalam program pembekalan akhir pemberangkatan dalam bidang peningkatan kompetensi pembelajaran.