Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Terbuka dengan Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Terbuka (UT) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjalin kerja sama yang diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU). Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dan Rektor UPI Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A. Acara yang berlangsung di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) Tangerang selatan, Jumat (19/03/2021) tersebut juga dihadiri oleh jajaran pimpinan kedua perguruan tinggi.

Dalam sambutannya, Rektor UT berterima kasih kepada UPI yang telah bersama membangun UT sejak 36 tahun silam. Berkat tangan dingin pendahulu UPI, UT terus berkembang seperti saat ini. Rektor UT menyampaikan bahwa UT membuka diri kepada berbagai pihak untuk bekerja sama dengan UT seperti perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri, perbankan, dinas pendidikan, dan content expert. Melalui kerja sama dengan berbagai pihak, sebuah perguruan tinggi (PT) akan terus berkembang. Melalui pendidikan jarak jauh, UT mendukung program yang dicanangkan pemerintah dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) unggul di 2045.

Menurut Rektor UT, potensi kerja sama UT dengan UPI masih terbuka lebar antara lain pada aspek pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, dan bertukar pikiran dalam mengimplementasi PTN-BH di UT. Lebih lanjut, sejak pemerintah tidak lagi memberikan hak monopoli PJJ kepada UT, Melalui kerja sama diharapkan UT semakin lincah, responsif, dan terdepan dalam menunaikan perannya sebagai lembaga pelaksana PJJ di Indonesia.

Rektor UPI mengafirmasi pernyataan Rektor UT bahwa kerja sama antar institusi (dalam hal ini PT) merupakan suatu keniscayaan demi terwujudnya perkembangan suatu PT. Lebih dari itu, Rektor UPI berharap kerja sama antara UT dan UPI dapat direalisasikan segera dalam bentuk penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), sehingga dapat segera merealisasikan program kerja.