4 Bakal Calon Rektor UT Periode 2021-2025 Telah Melaksanakan Tahap Presentasi

Universitas Terbuka (UT) kembali menggelar Pemilihan Rektor UT Periode 2021-2025. Berdasarkan Peraturan Senat Universitas Terbuka No. 1 Tahun 2021 perlu dilakukan Pemilihan Rektor UT Periode 2021-2025 dikarenakan Rektor UT Periode 2017-2021 telah memasuki penghujung periode. Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 19 Tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian pemimpin Perguruan Tinggi Negeri, tahapan penjaringan bakal calon dilaksanakan paling lambat 5 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan Pimpinan PTN.

UT telah melakukan tahapan penjaringan bakal calon Rektor telah dilaksanakan pada Februari - Maret 2021. Selanjutnya yaitu tahapan penyaringan meliputi presentasi bakal calon Rektor melalui Rapat Senat Terbuka, penetapan calon dan penyerahan hasil ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian, tahapan pemilihan Calon Rektor dalam Rapat Senat Tertutup. Tahapan terakhir yaitu penetapan dan pelantikan.

Ketua Senat Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si. resmi membuka Rapat Senat Terbuka yang dilaksanakan pada Selasa (30/3/2021). Agenda Rapat Senat Terbuka kali ini yaitu presentasi Bakal Calon Rektor, penetapan calon dan penyerahan hasil ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bakal Calon Rektor UT Periode 2021-2025 yaitu Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., Prof. Drs. Udan Kusmawan, M.A., Ph.D., Dr. Maman Rumanta, M.Si. dan Muhammad Husni Arifin, S.Ag., M.Si., Ph.D.

Presentasi Bakal Calon Rektor dipimpin oleh Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Rektor UT Prof. Dr. Maximus Gorky Sembiring, M.Sc. Presentasi diawali dengan pembacaan tata tertib oleh Ketua Panlih yang dilanjut dengan presentasi oleh Bakal Calon Rektor UT Periode 2021-2025.

Paparan pertama disampaikan oleh Prof. Drs. Udan Kusmawan, M.A., Ph.D. yang mencanangkan inovasi UT Transformasi di Era Society 5.0 yaitu UT Chat Bot, UT Personal Hub, UT Dashboard, UT System Hub. Prof. Udan menyatakan bahwa budaya organisasi yang baik membuat UT lebih mudah beradaptasi dengan perubahan di era digital.

Paparan kedua dari petahana Rektor UT yaitu Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Prof. Ojat fokus dalam pemaparan mengenai memperkokoh kewibawaan akademik dalam digital ekosistem. Prof. Ojat menyatakan bahwa daya jangkau UT yang luas mampu meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi.

Paparan ketiga disampaikan oleh Dr. Maman Rumanta, M.Si. mengenai peningkatan strategi untuk UT ke depan. Dalam peningkatan layanan akademik, Dr. Maman memaparkan perlunya bantuan belajar bagi mahasiswa yang fleksibel, distribusi bahan ajar cepat dan akurat, peningkatan pelaksanaan ujian berbasis online proctoring, serta membangun sistem yang prima bagi program studi maupun fakultas.

Paparan keempat disampaikan oleh Muhammad Husni Arifin, S.Ag., M.Si., Ph.D. mengenai sinergi membangun keunggulan UT, yaitu meningkatkan mutu dan jumlah publikasi nasional maupun internasional, pemanfaatan hasil riset untuk policy making, serta membentuk pusat riset unggulan.

Acara ini dihadiri oleh undangan terbatas di Universitas Terbuka Convention Center dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, serta Rapat Senat Terbuka ditayangkan melalui plaform Zoom Meeting dan Youtube UT TV.