UT Kunjungi Kantor Redaksi RRI Secara Virtual

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat untuk menjalin silaturahmi dan kerja sama. Universitas Terbuka mengunjungi kantor Redaksi Radio Republik Indonesia (RRI) secara virtual melalui platfom Zoom Meeting pada Selasa, 9 Februari 2021. Pertemuan yang dihadiri oleh pejabat RRI dan UT, diharapkan dapat membuka kerja sama antara UT dengan RRI terkait diseminasi informasi dalam bidang pendidikan di Indonesia.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Institusi Rahmat Budiman, S.S., M.Hum, Ph.D. menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang baik dari RRI. Ia menambahkan bahwa peluang kerja sama antara UT dengan RRI masih terbuka lebar. UT dan RRI memiliki visi yang sama yaitu memajukan kesejahteraan masyarakat baik di perkotaan maupun desa, khususnya diseminasi pengetahuan.

Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) Dr. Sofjan Aripin, M.Si. berharap melalui kerja sama, mahasiswa Ilmu Komunikasi dapat melakukan praktikum secara langsung di kantor RRI yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Rencana kerja sama UT dan RRI disambut positif oleh Direktur Program dan Produksi LPP RRI Soleman Yusuf. Ia mengapresiasi teknologi yang dimiliki UT dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa UT merupakan lembaga yang melampaui zaman karena telah mengaplikasikan daring sejak lama dan baru dijalankan oleh universitas konvensional setelah adanya pandemi Covid-19.

Dengan tagline “Sekali Mengudara Tetap Mengudara”, RRI tetap mengudara sejak 75 tahun silam dalam mendiseminasikan informasi melalui radio. RRI terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Sebagai contoh, dalam menghadapi pandemi Covid-19, RRI membantu pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan melalui radio yaitu dengan “Program Belajar di Radio”. RRI menjangkau masyarakat yang sulit dalam mengakses internet. Program ini menjadi solusi untuk belajar dengan memanfaatkan radio. Hal ini ditunjukkan dengan respons baik dari berbagai institusi pendidikan untuk mengakses program belajar di radio.

Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha LPP RRI Anhar Achmad menambahkan bahwa RRI menjunjung tinggi Tri Prasetya RRI dalam menjalankan setiap tugasnya. RRI turut berperan dalam penyebaran pendidikan untuk membantu terwujudnya program Indonesia Unggul yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Di tengah sesi pertemuan, Kepala Pusat Pemberitaan LPP RRI Widhie Kurniawan mengajak tamu undangan UT untuk tur ruangan kantor Redaksi RRI secara virtual. Ia juga menunjukkan ruang siaran, ruang podcast dan ruang redaksi, serta berkenalan dengan beberapa staf RRI.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan diskusi bersama dan ditutup dengan penyerahan cendera mata secara simbolis oleh Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan (PPHIK) Dr. Sri Sediyaningsih, M.Si.