UT Raih 2 Runner up Lomba AHD 2020

Menjelang akhir tahun 2020 Universitas Terbuka (UT) mendapat kado indah. Tak tanggung-tanggung, UT memperoleh 2 penghargaan dalam Anugerah Humas Dikti (AHD) 2020 khusus PTN-BLU. Peringkat ke-2 diraih UT dalam kategori Lomba Konferensi Pers dan Siaran Pers. Kemudian, UT juga menyabet runner up dalam Lomba Media Sosial (Medsos).

Pengumuman sekaligus penyerahan penghargaan secara daring tersebut oleh Dirjen Dikti Kemdikbud berlangsung pada acara puncak AHD yang digelar Rabu malam (23/12/2020). Pencapaian ini tentu saja sangat membanggakan bagi UT. Sinergi dari unit-unit yang ada di internal UT membuahkan hasil maksimal. Rasa terima kasih juga disampaikan pihak UT kepada semua mitra yang telah sangat membantu selama ini termasuk para wartawan dari berbagai media massa yang tidak hentinya mewartakan kiprah UT dalam Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ).

Era Pandemi Covid-19 memberikan berbagai tantangan bagi UT dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini membuat UT melakukan berbagai inovasi pembelajaran. Semua inovasi tersebut perlu disosialisasikan kepada masyarakat melalui berbagai media yang ada, baik media internal UT maupun melalui para rekan wartawan. Saluran media sosial UT menjadi salah satu kanal dalam memberitakan berbagai terobosan pembelajaran UT di masa pandemi. Ditopang dengan peran para wartawan dalam membantu menyebarluaskan berbagai kebijakan akademik UT. Berbagai siaran pers telah disampaikan kepada rekan-rekan wartawan. Termasuk juga pelaksanaan konferensi pers dalam berbagai event di UT, dimana pelaksanaan konferensi pers tersebut tetap mengacu kepada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Di sisi lain, dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, trend positif terus ditunjukkan oleh berbagai medsos yang dimiliki UT. Misalnya akun Instagram UT. Pada Desember 2019 jumlah followers akun IG UT baru mencapai 75.120 pengikut, tetapi per 25 Desember 2020 jumlahnya telah bertambah menjadi 122.837 followers. Kemudian akun youtube UT TV, pada Desember 2019 jumlah views (penayangan) baru mencapai 1.051.766 dan jumlah subscriber 32,2 ribu. Dalam kurun waktu 1 tahun yakni per tanggal 25 Desember 2020, jumlah views melonjak drastis menjadi 2.189.034 (naik 108 persen), sedangkan jumlah subscriber melejit menjadi 71,4 ribu orang (naik 122 persen). Begitu juga dengan beberapa akun medsos lainnya yang dimiliki UT di Facebook, Twitter, linkedin terus menunjukkan jumlah penambahan pengikut yang cukup signifikan.

Pencapaian dua penghargaan sangat disyukuri oleh keluarga besar UT, sekaligus menjadi tantangan bagi UT untuk tetap menjaga kualitas layanan dan juga mempertahankan pencapaian di AHD 2020 tersebut.