UT dan Kemenristek/BRIN Sepakat Tandatangani Nota Kesepahaman

Universitas Terbuka (UT)  kembali mendapatkan satu kepercayaan lagi dari instansi pemerintah. Setelah sebelumnya menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Sekretaris Negara, kali ini giliran Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) yang sepakat bekerja sama dengan UT dalam bidang pengembangan sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kemenristek/BRIN dan UT diwakili oleh Sekretaris Kementerian Riset dan Teknologi/ Sekretaris Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional Dr. Mego Pinandito, M.Eng. dengan Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. pada hari Senin, 9 November 2020 di Kampus Pusdiklat Kemenristek/BRIN, Tangerang Selatan.

Dalam sambutannya Mego menyatakan bahwa percepatan pengembangan riset dan inovasi di Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Harapannya, melalui kerja sama ini dapat mendukung tugas pemerintah dalam pengembangan IPTEK secara nasional. Mego mengapresiasi UT yang telah menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) sejak 36 tahun silam.

Sementara Ojat menyambut baik pelaksanaan kerja sama ini yang dapat mendukung pelatihan secara daring serta dapat memberikan manfaat antar institusi hingga bangsa. Kemajuan dalam teknologi bukan menggantikan peran pengajar tetapi komplementer dalam melengkapi kualitas pendidikan yang lebih baik. Dalam membangun digital ekosistem nasional harus dijalankan secara beriringan dalam dukungan secara teknis maupun dengan pengajar, sehingga dapat terjalin sinergi yang memberikan keefektifan dalam penyelenggaraan pendidikan.