Mahasiswa UT Lolos ke Babak Semifinal Lomba Kompetisi Debat Hebat “Kolaborasi Membangun Negeri” APBN Memanggil Tahun 2020

Dalam rangkaian acara Olimpiade APBN 2020, Direktorat Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan menyelenggarakan Lomba Kompetisi Debat Hebat “Kolaborasi Membangun Negeri” APBN Memanggil Tahun 2020”. Mahasiswa sebagai salah satu penggerak kemajuan bangsa ditantang untuk dapat memberikan gagasan terbaik dalam pembangunan Indonesia. Kompetisi ini ditujukan bagi mahasiswa aktif jenjang D3/D4/S1 dari segala jurusan di seluruh universitas di Indonesia. Tema lomba yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Pemulihan Ekonomi Nasional Dampak Pandemi Covid-19” dengan subtema Pemulihan Ekonomi, Pemulihan Kesehatan, dan Perlindungan Sosial.

Pendaftaran lomba dilaksanakan sejak tanggal 1-18 Oktober 2020, peserta lomba menghasilkan karya tulis dan di submit hingga tanggal 20 Oktober 2020 pada klc2.kemenkeu.go.id/apbn_memanggil. Kegiatan ini berada dibawah koordinasi Kantor Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan serta dibantu oleh Dosen Fakultas Ekonomi (FE) Dr.E. Andriyansah, S.E., M.M. dan Dosen Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) Widyasari, S.S., M.Hum sebagai Dosen Pendamping.

Setelah melewati tahap penilaian oleh Dewan juri terdiri dari pejabat eselon II di Kementerian Keuangan diputuskan 9 tim dengan gagasan paper terbaik untuk dapat maju ke babak semifinal. Hal ini diputuskan dalam Surat Pengumuman Direktorat Jenderal Anggaran, Direktorat Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Kementerian Keuangan Nomor: PENG-1/AG.2/2020 tanggal 23 Oktober 2020 tentang Peserta Kompetisi Debat APBN. Tim yang berhasil lolos ke babak semifinal sebagai berikut.

No

Nama Tim

Universitas

Judul Karya Tulis

1

Tim Eclat

PKN STAN

Menerka Arah Kartu Prakerja

2

Tim Mahir

PKN STAN

Optimalisasi Beleid Fiskal: Studi Kasus Realisasi Insentif Pajak dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional

3

Tim ILDS

Universitas Indonesia

Covid Crisis Respons Kerangka Kerja Holistik dalam Pemulihan Ekonomi Nasional dalam Mewujudkan Visi Indonesia 2045

4

Tim Fiscus

Universitas Indonesia

Integrated Digital Cash Transfer (IDCT): Solusi Jaminan Perlindungan Sosial Pascapandemi Covid-19

5

Tim UNY

Universitas Negeri Yogyakarta

Perlindungan Sosial Masyarakat Gunungkidul Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Program So-Tri (Sokongan, Sosialisasi, Dan Solidaritas)

6

Tim Anak Rantau

Universitas Diponegoro

Kebijakan Swab Gratis Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Indonesia Akibat Pandemi Covid-19

7

Universitas Terbuka

Universitas Terbuka

Penyederhanaan Dan Konversi Bantuan Guna Meningkatkan Daya Beli dan Pemasukan Masyarakat dan UMKM dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional

8

Tim Debat FH Unsri

Universitas Sriwijaya

Pembentukan Unit Pengajuan Klaim Penggantian Biaya Penanganan Pasien Covid-19 di Rumah Sakit dalam Upaya Penerapan Prinsip Efisiensi dan Transparansi

9

Unika Atmajaya Yogyakarta

Unika Atmajaya Yogyakarta

APBN sebagai Vaksin Pemulihan Kontraksi Sektor Pariwisata Nasional

Tim UT mampu bersaing dan berhasil lolos seleksi karya tulis yang telah dilaksanakan pada tanggal 21-22 Oktober 2020 dan berhak masuk ke babak semifinal yang dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2020 dengan karya tulis berjudul “Penyederhanaan dan Konversi Bantuan Guna Meningkatkan Daya Beli dan Pemasukan Masyarakat dan UMKM dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional”. Tim mahasiswa UT yang telah lolos ke babak semifinal sebagai berikut.

No.

Nama/NIM

Program Studi

UPBJJ-UT

1.

Arif Darmawan Suwardi 
NIM. 023979463

S1 Akuntansi

Jakarta

2.

Ade Yunus 
NIM. 030979258

S1 Sastra Inggris

Jakarta

3.

Zahro Fathoni
NIM. 030834299

S1 Manajemen

Jakarta

Walaupun tim mahasiswa UT belum berhasil masuk ke babak final, namun mahasiswa sudah berlatih dengan optimal. Universitas Terbuka mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah lolos ke babak semifinal dan semoga di lain waktu dapat mengikuti kompetisi lainnya dan meraih juara.

Ket. Foto: (dari kanan) Arif Darmawan Suwardi (memakai kaca mata, Zahro Fathoni, Ade Yunus)