Webinar Nasional Jurusan Akuntansi ke-2 Fakultas Ekonomi-Universitas Terbuka

Webinar

 

Webinar (Web Seminar) ke-2 Jurusan Akuntansi FE-UT telah sukses diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 12 September 2020. Tema yang diangkat kali ini adalah “Korporatisasi Birokrasi dan Manajemen Publik Baru: Konsep dan Aplikasi”. Webinar kali ini diikuti oleh 3.411 peserta terdaftar dan terdapat 990 peserta yang setia menyaksikan melalui UT TV secara bersama-sama pada saat penayangan live streaming webinar ini yaitu pada Pk 09.00-13.00 WIB. Ini merupakan salah satu bukti bahwa webinar ini semakin diminati oleh para peserta. Webinar ini merupakan salah satu bentuk kuliah umum yang terbuka bagi masyarakat umum khususnya mahasiswa Jurusan Akuntansi FE-UT dimanapun berada. Webinar ini juga merupakan salah satu perwujudan dari tagline UT: Making Higher Education Open To All. Sehubungan dengan tema yang diangkat mayoritas para peserta adalah birokrat. Hal ini tentu saja mudah-mudahan juga semakin memberikan nilai tambah dan berdampak baik pada kinerja pemerintahan setelah bersama belajar dan mendapatkan inspirasi dari narasumber melalui webinar ini.

Webinar diawali dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka Prof. Ali Muktiyanto, SE, M.Si, Ketua Forum Dosen Akuntansi Publik (FDAP) Dr. Harnovinsah, Ak., M.Si., CA., CIPSAS., CMA., Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) Prof Dr. Dian Agustina, SE, M.Si, Ak, CA, dan Ketua Program Studi Akuntansi Keuangan Publik FE-UT Noorina Hartati, S.E., M.Sc. Pada kesempatan ini, Jurusan Akuntansi terus mendengungkan dan memperkenalkan Program Studi Akuntansi Keuangan Publik yang merupakan S1 Program Studi Akuntansi Keuangan Publik (PS AKP) pertama di Indonesia kepada para peserta webinar. Terlebih karena PS AKP ini diinisiasi pembentukkannya secara langsung oleh Bapak Prof. Mardiasmo, MBA., Ph.D., CFrA., QIA., Ak., CA., FCMA., CGMA., ASEAN CPA., CPA (Aust.) sendiri; yang sangat peka akan kebutuhan tenaga-tenaga terampil dan profesional di bidang Sektor Publik untuk menjadi motor perubahan kearahan kebaikan dibidang pelayanan publik.

Semakin berbobot dan meriah webinar ini karena tiga orang profesor yang sangat luar biasa dan sangat mumpuni dibidangnya menjadi narasumber pada kegiatan webinar kali ini yaitu, Bapak Prof. Mardiasmo, MBA., Ph.D., CFrA., QIA., Ak., CA., FCMA., CGMA., ASEAN CPA., CPA (Aust.), CSFA Ketua Dewan Pengawas Nasional (DPN) IAI dan Wakil Menteri Keuangan 2014 – 2019 yang merupakan seorang teknokrat sekaligus birokrat handal, Bapak Prof. Dr. Ihyaul Ulum, SE., M.Si., Ak., CA Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi (LPS) Universitas Muhammadiyah Malang yang sangat pakar dibidang intelektual kapital dan Bapak Prof. Ali Muktiyanto, SE, M.Si Dekan dan Guru Besar FE-UT termuda serta seorang guru besar pertama di Indonesia dibidang Sektor Publik yang sangat pakar dibidang tata kelola terutama tata kelola perguruan tinggi. Pemaparan materi ini masih dipandu langsung oleh Ketua Jurusan Akuntansi FE UT Hendrian, S.E., M.Si yang sebentar lagi juga akan menjadi seorang doktor dan Profesor (mari kita doakan bersama).

Tak lupa juga panitia webinar Jurusan Akuntuansi FE-UT kedua mengucapkan terima kasih banyak kepada Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang masih setia menjadi sponsor kegiatan ini. Pada kegiatan ini IAI masih memberikan hadiah-hadiah menarik kepada penanya yang pertanyaan terpilih untuk dijawab langsung oleh para narasumber. Selain itu sesuai harapan para peserta webinar sebelumnya kegiatan webinar ini telah juga mendapatkan ijin pengakuan sebanyak 2 SKP yang dapat digunakan oleh para peserta untuk menambah kredit pointnya (PPL). Kegiatan ini juga semakin meriah selain IAI yang memberikan hadiah, Prof Mardiasmo yang akrab dipanggil dengan Prof Mo pun turut memberikan empat buah buku karya tulis beliau yang ditandatangani dan diberikan kata-kata mutiara secara personal kepada para penanya terpilih.

Diakhir sesi webinar, ketiga narasumber memberikan pesan terhadap seluruh peserta webinar tentang inti dari New Public Management (NPM). Lebih lanjut, dalam paparan kesimpulan akhir oleh Prof Mo disebutkan bahwa ruh NPM adalah entrepreneurship yang berfokus pada kebutuhan market, yaitu perubahan mindset dan kolaborasi antara peran sebagai birokrat, sebagai teknokrat, dan sebagai pelaku bisnis yang dipadupadankan sehingga terbentuk harmonisasi yang indah untuk perbaikan birokrasi yang ada saat ini menuju pelayanan publik yang prima. Selain itu, IAI juga berharap bahwa mahasiswa Jurusan Akuntansi FE-UT dapat senantiasa mengikuti kegiatan APAFest untuk menambah pengetahuannya dan menjadi semakin mantap menatap masa depan. Untuk lebih jelasnya kegiatan webinar ini dapat disaksikan pada: https://sl.ut.ac.id/Webinar-Akt2-FEUT-UTTV.