UT dan MPR-RI Sepakati PKS Sosialisasi 4 Pilar

Menindaklanjuti Nota Kesepahaman antara Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) dengan Universitas Terbuka (UT) yang ditandatangani 28 Agustus 2020 lalu, kedua lembaga sepakat membuat Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Penandatanganan PKS antara MPR-RI dengan UT tentang Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI digelar Jumat, (18 September 2020) di Ruang GBHN, Gedung Nusantara lantai 2.  Perjanjian Kerja Sama tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal MPR-RI, Dr. Ma’ruf Cahyono, S.H, M.H. dan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT,  Dr. Liestyodono Bawono Irianto, M.Si.

Sebelum pelaksanaan penandatanganan PKS, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT Liestyodono menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada MPR karena telah memberikan kesempatan kepada UT untuk dapat bekerja sama. Selanjutnya ia juga menjelaskan mengenai kondisi dan jumlah mahasiswa UT yang tersebar di seluruh pelosok negeri dan juga di luar negeri. Selain itu, juga ditegaskan bahwa UT siap membantu MPR untuk melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang tercantum dalam kerja sama ini.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen MPR-RI Ma’ruf Cahyono menyampaikan sedikit sejarah mengenai Empat Pilar MPR-RI. Ma’ruf juga menegaskan bahwa Sosialisasi Empat Pilar MPR RI merupakan tugas yang dapat dilakukan oleh seluruh Perguruan Tinggi termasuk Universitas Terbuka dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Acara penandatanganan PKS tersebut selain dihadiri oleh pejabat eselon I dan II di lingkungan Sekretariat Jenderal MPR RI, juga dihadiri Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Potitik (FHSIIP) UT Dr. Sofjan Aripin, M.Si , Ketua Jurusan Ilmu Administrasi FHSIIP UT Drs. Syarif Fadillah, M.Si, serta perwakilan dari Bagian Kerja Sama Universitas Terbuka.