Tiga Selebriti Meriahkan Temu Public Figure UT Tahun 2020

Universitas Terbuka (UT) kembali mengadakan kegiatan tahunan "Temu Public Figure Tahun 2020" dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-36 Universitas Terbuka. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara Temu Public Figure kali ini dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui channel Youtube UT TV pada Selasa, 11 Agustus 2020. Temu Public Figure Tahun 2020 mengundang tiga mahasiswi UT yang sekaligus selebriti Indonesia yaitu Arumi Bachsin (Prodi S1 PGPAUD UPBJJ-UT Malang), Mirza Riadiani Kesuma atau lebih dikenal dengan nama Chicha Koeswoyo (Prodi S1 Ilmu Komunikasi UPBJJ- UT Jakarta), dan Novi Herlina yang lebih populer dengan panggilan Novi Cherrybelle (Prodi S1 Manajemen UPBJJ-UT Bogor). Bertindak sebagai moderator yakni Penanggung Jawab Bidang Pelayanan dan Jaringan Komunikasi Puslata UT Tengku Lufiana, S.Sos.

Acara yang resmi dibuka oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat., M.Bus., Ph.D. ini disaksikan oleh seluruh pimpinan, civitas akademika, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan pemangku kepentingan secara virtual. Dalam sambutannya, Prof. Ojat mengapresiasi kegiatan ini yang dapat semakin memperkenalkan UT sebagai institusi Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) kepada masyarakat melalui pemanfaatan media daring.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, UT bersinergi bersama institusi dan penyelenggara pendidikan lain guna mencerdaskan anak bangsa melalui penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Prof. Ojat menambahkan bahwa dengan berkuliah di UT, para mahasiswa tetap dapat menjalankan aktivitas lain tanpa meninggalkan kuliah. Hal senada dilontarkan Arumi Bachsin, menurutnya, UT memberikan kemudahan untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi tanpa harus meninggalkan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga, di samping menjalankan tugas sebagai istri dari Wakil Gubernur Jawa Timur untuk mengabdi kepada masyarakat. UT menawarkan pendidikan tinggi yang berkualitas dengan harga terjangkau. Hal ini membantu program pemerintah dalam pemerataan akses pendidikan tinggi kepada seluruh mahasiswa, serta meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi.

Lain halnya, Chicha Koeswoyo. Menurutnya, kuliah di UT membantu membangun kebersamaan dengan keluarga. Dengan sistem belajar mandiri, ia tetap dapat menjalankan kegiatannya di dunia politik, sekaligus menjadi ibu rumah tangga. Sementara Novi Cherrybelle merasa beruntung telah memilih berkuliah di UT karena ia terbiasa dengan belajar secara online di rumah maupun di tempat shooting. Ia juga mengaku kerap mengajak teman-teman di kalangan artis untuk berkuliah di UT.

Untuk diketahui, UT akan memperingati Dies Natalis ke-36 pada tanggal 4 September 2020 mendatang. Sepanjang perjalanannya, UT telah menjadi pionir dalam penyelenggaraan PTTJJ di Indonesia. Pengalaman yang telah dimiliki UT selama 36 tahun dalam pengembangan PTTJJ, memberikan kepercayaan bagi mitra baik di dalam negeri maupun luar negeri untuk tetap menjalin kerja sama yang baik. Dengan mengemban misi yang mulia yaitu pemerataan akses pendidikan tinggi, UT tidak hanya menjangkau mahasiswanya di seluruh pelosok Indonesia, tetapi juga hingga mahasiswa di luar negeri.