KSF 12 Bahas Empat Pilar Kebangsaan

Knowledge Sharing Forum (KSF) terus bergulir, dan Jumat (28/8/2020) memasuki seri ke-12. KSF kali ini agak istimewa karena dilakukan di Gedung MPR-RI dan disiarkan secara langsung melalui platform Microsoft Teams dan channel Youtube UT TV. Tema yang diangkat pada KSF kali ini yaitu “Peranan Empat Pilar Kebangsaan dan Pemerataan Akses Pendidikan Tinggi dalam Mengokohkan Konektifitas Bangsa” dengan narasumber Ketua MPR RI, H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A.

Sebelum masuk pada materi, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. memberikan sambutannya. Ojat menyampaikan bahwa UT merupakan institusi Pendidikan yang diperintahkan langsung oleh pemerintah untuk memberikan pemerataan akses Pendidikan tinggi bagi masyarakat. Selama kurun waktu 36 tahun UT telah menghasilkan 1,8 juta lulusan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu Ketua MPR-RI H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. dalam materinya menyampaikan, salah satu fokus utama Indonesia sebagai negara kepulauan adalah konektifitas, baik dalam arti keterhubungan antar wilayah secara fisik maupun dalam arti ikatan kebangsaan.

Dalam membangun konektifitas, lanjut Bambang, terdapat tiga prioritas yang harus diperhatikan yaitu implementasi pemerataan pembangunan, pembangunan SDM, dan pembangunan wawasan kebangsaan. Implementasi pemerataan pembangunan, salah satunya dilakukan dengan pembangunan infrakstruktur kamaritiman dan moda transportasi yang dapat menciptakan konektifitas antar pulau sehingga meningkatkan pemerataan pembangunan ekonomi. Pembangunan SDM dilakukan dengan meningkatkan daya jangkau pemerataan Pendidikan tinggi di seluruh wilayah Indonesia, dalam hal ini dengan memberikan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang dapat dijangkau di seluruh Indonesia. Pembangunan wawasan kebangsaan yang dilakukan dengan membangun kesadaran kolektif setiap anak bangsa bahwa kita tidak dapat terpisahkan dari ikatan kebangsaan, salah satunya dengan pembangunan karakter yang bersifat masif.

Lebih jauh Bambang menegaskan, dalam konteks ini pihaknya menyelenggarakan sosialisasi Empat Pilar MPR-RI yaitu Pancasila sebagai dasar negara, landasan ideologi, falsafah, etika moral, dan alat pemersatu bangsa, UUD RI 1945 sebagai landasan konstitusional, NKRI sebagai konsensus bentuk kedaulatan negara, serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai semangat pemersatu dalam kemajemukan bangsa.

Kegiatan KSF-12 ditutup dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara UT dan MPR-RI dalam rangka menyelenggrakan kegiatan Pemasyarakatan Empat Pilar MPR RI kepada Universitas Terbuka (UT) di tingkat pusat dan Daerah.