Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Terbuka dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap

Diselenggarakan pada tanggal 28 Juli 2020, di Aula Kantor Bupati Cilacap, Cilacap, Jawa Tengah, dilaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Terbuka (UT) oleh Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Kerja sama dan Pengembangan Institusi dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap oleh Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji.

Tentang Kabupaten Cilacap

Kabupaten Cilacap adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Kota Cilacap. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas di utara, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat) di sebelah Barat. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 13/1950 dengan populasi 1.888.129 jiwa (2017).

Bentuk Nota kesepahaman (MoU) adalah Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menerapkan dan mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Cilacap. MoU ini menjadi dasar kerja sama yang nantinya akan disusul dengan pemberian kesempatan pada Aparatur Sipil Negara Kabupaten Cilacap untuk meneruskan pendidikan di UT

Dalam sambutannya Bupati menginginkan UT dapat meningkatkan Sumber Daya manusia di era New Normal khususnya di kabupaten Cilacap, dan sebagai role model UT harus bisa meningkatkan kualitas lulusannya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap akan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak terutama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Cilacap serta berpartisipasi dalam meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Indonesia.