Tingkatkan Kualitas Guru di Natuna: Pemkab Natuna Bekerja Sama dengan UT

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan khususnya bagi guru di Natuna, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Natuna melakukan kerja sama dengan Universitas Terbuka (UT). Kerja sama dilakukan melalui Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilangsungkan di Operation Room UT (13/2/2020).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Bupati Pemkab Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si. dan Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. yang didampingi oleh Kepala Dinas Pemkab Natuna, Suherman, S.H. dan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Dr. Liestyodono Bawono Irianto, M.Si.

Sebelum melakukan penandatanganan, Bupati diberi kesempatan untuk memberikan sambutan sekaligus menyampaikan maksud dan tujuan ke UT. Dalam sambutannya, dikatakan bahwa banyak guru di Natuna yang belum memenuhi syarat sebagai guru, sedangkan saat ini syarat minimal untuk menjadi guru adalah S1. Oleh karena itu, sebanyak 8,1% (157 orang) guru di Natuna akan diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di UT. Bupati berharap bahwa kerja sama ini kedepannya dapat meningkatkan mutu pendidikan terutama untuk guru di Natuna.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor menyampaikan bahwa UT sejak tahun 90an sudah diberikan amanah oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru dengan membuka jenjang S1 untuk guru. Saat ini UT telah memiliki 1,7 juta alumni yang 80% diantaranya adalah guru. Pendidikan jarak jauh yang diberikan dirasa tepat karena sistem belajar yang lebih fleksibel terutama untuk orang yang sibuk bekerja. Oleh karena itu, UT dengan senang hati memberikan kesempatan bagi guru maupun orang yang sudah bekerja di Natuna untuk bisa mendapatkan pendidikan tinggi sehingga dapat meningkatkan mutu dan memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan.