Merespon “Kampus Merdeka”: Universitas Mercu Buana Lakukan Studi Banding ke UT

Sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang menggunakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama lebih dari 35 tahun, Universitas Terbuka (UT) ditugaskan oleh pemerintah untuk dapat memfasilitasi Perguruan Tinggi (PT) lain yang belum memiliki sistem PJJ agar memiliki pengalaman mengikuti pembelajaran online/jarak jauh. Oleh karena itu, UT membuka kesempatan bagi PT konvensional untuk mengambil Mata Kuliah Umum (MKU) yang ada di UT dengan melalui kerja sama terlebih dahulu. Selain itu, UT juga sering dikunjungi oleh berbagai institusi atau PT untuk melakukan studi banding khususnya untuk pembelajaran online/jarak jauh.

Pada hari ini (19/2/2020), Universitas Mercu Buana (UMB) lakukan kunjungan studi banding ke Kantor Pusat Universitas Terbuka (UT) guna sharing knowledge mengenai PJJ. Kunjungan disambut oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Dr. Liestyodono Bawono Irianto, M.Si. Kunjungan ini difokuskan pada diskusi mengenai sistem PJJ yang ada di UT, mulai dari sistem registrasi, pembelajaran mahasiswa dan tutor, ujian, hingga praktikum/drylab. Dalam kesempatan ini Dr. Liestyodono membuka diskusi dengan memaparkan mengenai Mata Kuliah Umum (MKU) yang dapat diambil oleh perguruan tinggi (PT) mitra, dimana saat ini terdapat 9 PT yang sudah mengambil MKU ke UT, dan pada tahun ini akan disusul oleh 5 PT lainnya. Dr. Liestyodono berharap diskusi ini dapat mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan oleh UMB terhadap UT.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Pembelajaran, Ristek, dan Kemahasiswaan UMB, Dr. Yuli Harwani, MM. menyampaikan bahwa UMB sudah lama memiliki rencana untuk membuka PJJ, untuk itu dilakukan kunjungan ke UT guna memahami lebih dalam mengenai sistem tersebut. UMB juga berharap kedepannya dapat melakukan kerja sama dengan UT.

Diskusi dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Sistem PJJ-UT yang disampaikan oleh Prof. Daryono, selaku kepala pusat riset dan inovasi, dilanjutkan dengan diskusi, dan diakhiri dengan kunjungan ke unit Pusat Pengembangan Multimedia (P2M2) dan Pusat Layanan Bahan Ajar (Puslaba).