UT Hadir dalam Pameran Pendidikan Jakarata Campus Update 2020

LLDIKTI Wilayah III Jakarta menyelenggarakan promosi Pendidikan tinggi melalui pameran 14th Indonesia Campus Update 2020 Program Study Expo and Digital Promo dengan mengusung tema “Prospek Tata Kelola Pendidikan Tinggi Jakarta 2020-2024”. Pameran yang diikuti 39 Perguruan Tinggi di wilayah Jabodetabek tersebut, berlangsung di Gedung SMESCO Jakarta pada tanggal 21-23 Januari 2020.

Universitas Terbuka (UT) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ikut serta dalam pameran Jakarata Campus Update 2020 tersebut. Kehadiran UT dalam pameran ini disambut baik oleh siswa-siswi dari SMA dan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Dengan adanya UT yang menggunakan sistem belajar jarak jauh berbasis online, pengunjung pameran lebih mengenal tentang UT dan program yang ditawarkan. Begitu juga dengan dibukanya Program Doktor, pengunjung dari kalangan pekerja dan guru yang mendampingi siswa-siswinya dengan antusias meminta informasi tentang Program Doktor. Stand UT terletak di lokasi yang sangat strategis yaitu no 78-79 di depan pintu masuk pameran.

Pada acara pembukaan pameran, Ketua penyelenggara pameran, Buyung Fajri menyampaikan tujuan kegiatan pameran ini adalah memberikan pemahaman prospek program studi dan potensi institusi Pendidikan Tinggi nasional kepada calon mahasiswa serta para pengelola pendidikan tinggi memiliki peluang yang lebih maksimal menjangkau 4.1 juta pelajar kelas III SMA dan SMK di seluruh wilayah nusantara. Menyingkapi kebutuhan ketersediaan sarana teknologi digital dalam kegiatan ini penyelenggara secara inisiatif telah membangun dan mempersembahkan sebuah aplikasi sistem layanan digital berupa online directory KampusJakarta.id. Aplikasi ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pengembangan jangkauan pemasaran dan pelayanan yang lebih luas kepada calon mahasiswa dimanapun berada.

Dr. M. Samsuri Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah III Jakarta, menyampaikan sambutan dalam pembukaan pameran, bahwa tantangan ke depan perguruan tinggi khususnya di Jakarta bagaimana mampu menghasilkan SDM yang berkualitas dari segi pengetahuan, keterampilan, dan soft skill. Perguruan tinggi harus melakukan berbagai terobosan strategis serta mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan dalam tata kelola Tri Darma Perguruan Tinggi.