Pajak Kuat, Indonesia Kuat

Jelang penyelenggaraan Wisuda Universitas Terbuka Periode I Tahun Akademik 2019/20 Wilayah 1, UT menggelar temu wicara dan seminar di Universitas Terbuka Convention Center, Senin (11/11/2019). Temu wicara ini menjadi ajang bagi para calon wisudawan untuk mengenal dan berdiskusi secara langsung dengan pejabat di lingkungan UT Pusat. Dalam temu wicara, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan selamat atas kelulusan para calon wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di UT. Kegigihan yang telah dipupuk akhirnya membuahkan hasil yang manis.

Acara dilanjut dengan seminar “Pelayanan Publik di Bidang Perpajakan pada Era Industri 4.0” dengan menghadirkan pembicara Drs. Hestu Yoga Saksama, Ak. M.B.T. selaku Direktur Penyuluhan, Pelayanan & Hubungan Masyarakat pada Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan Republik Indonesia (P2HUMAS - DJP Kemenkeu RI) yang dimoderatori oleh Drs. Syarif Fadillah, M.Si. selaku Ketua Jurusan Ilmu Administrasi pada Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP). Seminar ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi calon wisudawan mengenai pentingnya fungsi dari pelayanan publik dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat di Industri 4.0.

Hestu Yoga Saksama menyampaikan bahwa saat ini pemerintah menuju Indonesia emas di tahun 2045 dimana kekuatan ekonomi Indonesia menjadi yang terbesar ke-5 di dunia. Hal ini perlu dukungan penuh dari masyarakat dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Guna mendukung pembangunan di Indonesia, masyarakat juga perlu berkontribusi secara aktif yang salah satunya taat membayar pajak. DJP Kemenkeu RI turut mengikuti perkembangan teknologi di era industri 4.0 yaitu dengan menyediakan aplikasi berbasis internet yang memudahkan para wajib pajak untuk melaporkan pajak tahunannya.

Pada kesempatan itu, UT juga meresmikan Tax Center Universitas Terbuka (TC-UT) yang merupakan salah satu wujud tindaklanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UT dengan DJP Kemenkeu RI. Peresmian ini dilakukan oleh Rektor UT dengan Kepala Kantor Wilayah DJP Banten. Hingga saat ini UT telah mengembangkan TC-UT di UT Pusat, UT-Batam, UT-Surabaya, dan UT-Banjarmasin.

TC-UT ini memiliki visi menjadi Tax Center berkualitas dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang perpajakan. Dengan misi menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang Perpajakan, melakukan penelitian/kajian dan diseminasi hasil penelitian/kajian di bidang Perpajakan; melaksanakan Sosialisasi program pemerintah kepada masyarakat di bidang Perpajakan, serta menjadi pusat informasi perpajakan di lingkungan Perguruan Tinggi Universitas Terbuka.