Aku Pahlawan Masa Kini

Pertempuran besar 74 tahun silam antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris menjadi sejarah Revolusi Nasional Indonesia dan simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Tanggal 10 November diperingati bagi seluruh rakyat Indonesia setiap tahunnya sebagai Hari Pahlawan yang merupakan bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan.

Universitas Terbuka (UT) mengadakan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan yang dijadikan momentum untuk mengenang semangat yang membara perjuangan di kota Surabaya. Upacara yang dipimpin oleh Prof. Ojat Darojat., M.Bus., Ph.D., berlangsung dengan hikmat di halaman Gedung Fakultas Universitas Terbuka, Senin (11/11/2019). Upacara ini dihadiri oleh para pimpinan dan pegawai di lingkungan UT.

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 mengusung tema “Aku Pahlawan Masa Kini” yang dapat diwujudkan dengan aksi nyata dalam memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rektor mengajak kepada seluruh sivitas akademika UT untuk tetap menjaga rasa nasionalisme dan meningkatkan kepedulian untuk menolong sesama.

Rektor juga menyampaikan bahwa hingga saat ini UT terus berkontribusi dalam pengembangan Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) baik pada tingkat nasional maupun internasional. Bentuk kontribusi internasional terkini yaitu Rektor UT Prof. Ojat Darojat., M.Bus., Ph.D., terpilih menjadi Presiden Asian Association of Open Universities (AAOU) periode 2019-2022 secara aklamasi dan Prof. Atwi Suparman memperoleh International Council for Open and Distance Education (ICDE) Prize for Lifelong Contribution 2019.