The 1st Universitas Terbuka National Choir Festival 2019

Dalam rangka meningkatkan kualitas, memperluas wawasan dan membangkitkan pengalaman dalam jiwa seni mahasiswa, Universitas Terbuka (UT) untuk kali pertama menyelenggarakan kompetisi paduan suara tingkat Nasional, “The 1st Universitas Terbuka National Choir Festival 2019” dengan tema “Terbuka Memadu Suara Nusantara”.

Peserta pada kompetisi ini adalah kelompok-kelompok paduan suara yang mewakili suatu perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah Jawa dan Sumatera bagian Selatan. Terdapat 10 finalis yang terpilih untuk melanjutkan ke tahap final yang diselenggarakan di UT Convention Center (30/11/2019) yaitu, Universitas Pamulang, Universitas Langlangbuana, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, STIKES Wira Husada Yogyakarta, UPBJJ-UT Jakarta, UPBJJ-UT Surakarta, UPBJJ-UT Yogyakarta, UPBJJ-UT Palembang, UPBJJ-UT Bengkulu, dan UPBJJ-UT Semarang.

Lomba Paduan Suara Tingkal Nasional UT 2019 dibuka secara resmi oleh Didin Wahidin selaku Direktur kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan menabuh drum sebagai tanda dimulainya acara tersebut. Beliau memberikan apresiasi kepada UT atas terselenggaranya kegiatan kemahasiswaan, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan APK dan menangkal radikalisme di lingkungan perguruan tinggi.

Wakil Rektor III Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan sebagai ketua Panitia menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler kemahasiswaan di perguruan tinggi melalui kreativitas, minat, bakat, khususnya di bidang seni dan paduan suara.

Rektor UT dalam sambutannya menyampaikan, mahasiswa bukan hanya belajar konsep tetapi harus bisa berkompetensi dengan salah satunya mengembangkan bakat, minat, dan kreativitas, khususnya bidang seni dan tarik suara.  

Pemenang Lomba Paduan Suara Tingkat Nasional UT 2019 diberikan kepada enam finalis yaitu,

  1. Juara 1: UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten (nilai 333,20)
  2. Juara 2: Universitas Pamulang (nilai 328,13)
  3. Juara 3: UT Jakarta (nilai 322,13)
  4. Juara Harapan 1: Universitas Langlangbuana - Bandung
  5. Juara Favorit: UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  6. Best Costume: UT Bengkulu

Penilaian diberikan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti teknik intonasi, artistik, unsur entertain, suara, aransemen, penampilan secara keseluruhan yang dibawakan oleh para finalis.