Universitas Terbuka Jalin Kerja Sama dengan Allama Iqbal Open University Pakistan

Universitas Terbuka (UT) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Allama Iqbal Open University (AIOU) di Council Hall, Allama Iqbal Open University (Jumat, 18/10/2019). Nota kesepahaman itu merupakan tindak lanjut dari beberapa pertemuan antara kedua belah pihak. Kesepakatan itu ditandatangani oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D dengan Bibi Yasmin selaku Additional Registrar AIOU.

Turut hadir juga dalam pertemuan itu Konsuler Kebudayaan KBRI Islamabad Deny Tri Basuki, Pejabat Senior AIOU Dr. Samina Awan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Prof. Dr. Syed Zafar Ilyas Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Dr. Zahid Majeed selaku Direktur Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional.

Rektor AIOU, Prof. Dr. Zia Ul-Qayyum, menjelaskan bahwa Indonesia dan Pakistan memiliki sejarah kerja sama yang sangat lama dan telah terjalin dengan baik. Oleh karena itu, kerja sama UT dengan AIOU adalah hal yang membanggakan termasuk kerja sama dalam berbagai program dan organisasi, seperti Asian Association of Open Universities (AAOU) dan International Council for Open and Distance Education (ICDE).

Dalam sambutannya, Rektor AIOU berharap MoU antara UT dan AIOU tidak berhenti pada seremoni saja, tetapi diwujudkan dengan tindak lanjut yang nyata. Oleh karena itu, AIOU akan mengirimkan road map AIOU kepada pihak UT untuk dijadikan acuan dalam menentukan bidang yang akan dijadikan fokus kerja sama. Rektor AIOU menyatakan bahwa mereka ingin belajar dari UT, termasuk sistem jaminan kualitas yang telah diterapkan UT dalam segala bidang.

Sementara itu, Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. mengungkapkan bahwa UT perlu belajar dari AIOU tentang pengelolaan mahasiswa yang jumlahnya sangat banyak. Selain itu, UT perlu mengkaji cara AIOU dalam mengelola bahan ajar untuk 1.3 juta mahasiswa.

Acara penandatanganan Naskah Kesepahaman diakhiri dengan pertukaran cendera mata dan dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa unit di AIOU seperti pusat pengujian, pengembangan sumber daya manusia, dan fakultas ilmu sosial guna mengetahui AIOU lebih dalam.