Satukan Tekad Wujudkan Cita-Cita Bangsa, Bersatu Kita Maju

Sumpah Pemuda yang setiap tahunnya diperingati oleh masyarakat Indonesia, dijadikan momentum untuk memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor Pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Senin, 28 Oktober 2019, Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan upacara Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di Halaman Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).

Upacara yang berlangsung dengan hikmat dihadiri oleh para pimpinan dan pegawai di lingkungan UT-Pusat. Ir. Adi Winata, M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan bertindak sebagai Pembina upacara mewakili Rektor UT. Adi Winata menyampaikan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga, melalui tema yang diusung “Bersatu Kita Maju” yang menegaskan komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda Indonesia sejak 1928 dalam Sumpah Pemuda guna mewujudkan cita-cita bangsa.

Dengan tekad dan semangat dalam memanfaatkan teknologi dengan bijak di era globalisasi dan modernisasi, pemuda harus dapat memfilter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara. Melalui semangat Hari Sumpah Pemuda ke-91, penggambaran pemuda Indonesia yang maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia. Harapannya, akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan sia-sia dalam mengubah dunia”