Tingkatkan Kerja Sama Iran-Indonesia, Iran Cultural Counsellorship Lakukan Kunjungan Ke UT

Dalam langkah melebarkan kerja sama antara Iran dan Indonesia, khususnya di bidang pendidikan, COMSTECH Inter Islamic Network on Virtual Universities (CINVU), Iran Cultural Counsellorship kunjungi Universitas Terbuka (UT) Pusat di Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Kunjungan yang bertujuan penjajakan kerja sama dan diskusi pendidikan secara virtual, Jumat (27/09/2019). Dalam pertemuan tersebut, Rektor UT Prof. Ojat Darojat., M.Bus., Ph.D. didampingi oleh beberapa staf di lingkungan UT.

Dalam sambutannya, Rektor UT menyambut dengan hormat atas kunjungan yang dilakukan oleh CINVU. Prof. Ojat Darojat., M.Bus., Ph.D. menyampaikan bahwa UT menjadi pionir di Indonesia dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi terbuka jarak jauh (PTTJJ). UT juga saat ini telah bekerja sama dengan berbagai institusi dari dalam dan luar negeri dalam penyelenggaran PTTJJ, serta collaborative research dan pertukaran dosen.

Mehrdad Rakhshandeh Yazdi selaku Konselor Kebudayaan Iran menyampaikan terima kasih atas sambutan yang hangat dari UT dan berharap adanya kerja sama untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dengan Iran, khususnya di bidang pendidikan. Ia menyampaikan bahwa Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi Iran juga mengajak UT untuk bergabung dalam organisasi perguruan tinggi jarak jauh negera-negara Islam.

Iran telah berevolusi terutama dalam bidang pendidikan dan sains. Saat ini Iran memiliki universitas terbuka, Payame Noor University, yang melayani 850,000 mahasiswa dengan 500 cabang di seluruh Iran.