Meningkatkan Akses Pendidikan Tinggi di Luar Negeri, UT Jalin Kerja Sama dengan Kementerian Luar Negeri RI

Dalam rangka peningkatan akses dan penyelenggaraan layanan perguruan tinggi di luar negeri melalui Sistem Pendidikan Terbuka Jarak Jauh Universitas Terbuka (UT), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyelenggarakan acara Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan UT. Acara ini dilangsungkan di Kementerian Luar Negeri, Jakarta (12/9/2019).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT dan beberapa pejabat Kemenlu, yaitu Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, Direktur Perlindungan WNI dan BHI, Direktur Informasi dan Media, serta Sekretaris Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik.

Acara diawali dengan sambutan dari Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat. Dalam sambutannya Rektor menyampaikan terima kasih kepada Kemenlu atas dukungan dan kerja sama yang dilakukan dengan UT sehingga program yang ditawarkan UT untuk masyarakat yang tinggal di luar negeri menjadi sangat baik. Beliau menambahkan, saat ini sudah ada sekitar 2500 mahasiswa UT yang ada di luar negeri. Sebagai Perguruan Tinggi Jarak Jauh, UT berkomitmen untuk terus memberikan kesempatan yang luas bagi seluruh masyarakat Indonesia baik di dalam maupun luar negeri dengan lebih fleksibel dan terjangkau. Dengan adanya kerja sama ini diharapkan akan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kemenlu, Mayrefas juga menyampaikan saat ini terdapat sekitar 7 juta Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri, dan sekitar 2000 diantaranya mengambil pendidikan di UT. Ini merupakan hal yang baik karena pendidikan dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi para pekerja di luar negeri. Beliau menyampaikan terima kasih kepada UT karena turut membantu Kemenlu dalam melayani WNI di luar negeri untuk mendapatkan pendidikan yang baik sehingga dapat menciptakan SDM Indonesia yang unggul. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Kemenlu untuk WNI di luar negeri.