Acara Puncak Dies Natalis ke-35 Lustrum VII Universitas Terbuka

Menginjak usia ke-35, Universitas Terbuka (UT) terus mengembangkan sayapnya pada Pendidikan Tinggi, Terbuka, dan Jarak Jauh (PTTJJ) diiringi dengan berbagai bentuk kerja sama baik dengan instansi dalam negeri maupun luar negeri. UT sebagai pelopor Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) harus terus berkembang melalui berbagai inovasi dan kerja sama dalam rangka mengukuhkan perannya sebagai Cyber University.

Acara puncak Dies Natalis ke-35 Lustrum VII Universitas Terbuka yang jatuh pada tanggal 4 September 2019 dengan mengusung tema ‘Mengukuhkan Konektivitas Bangsa di Era Siber’ diselenggarakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Dalam sambutannya, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan bahwa saat ini UT berperan dalam memasyarakatkan online learning, termasuk mengembangkan Indonesia Cyber Education Institute (ICE Institute) bersama dengan berbagai perguruan tinggi lain. Selanjutnya, Prof. Dr. Ismunandar Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mendukung penyelenggaraan pendidikan berbasis online dan blended learning yang dikembangkan UT.

Guna mendukung pendidikan sepanjang masa, Prof. H. Mohamad Nasir, Drs., Ak., M.Si., Ph.D. (Menristekdikti) yang diwakili oleh Prof. Dr. Ismunandar (Dirjen Belmawa) menyerahkan izin operasional program Studi S3 Doktor Ilmu Manajemen FE dan Doktor Administrasi Publik FHISIP kepada Rektor UT yang disaksikan oleh Prof. Dr. Paulina Pannen, M.Ls. selaku Staf Ahli Bidang Akademik dan Totok Suhartanto Kepala Subdirektorat Pengembangan Perguruan Tinggi Program Akademik Kemenristekdikti. UT menjadi pionir dalam penyelenggaraan program Studi Doktoral dengan modus Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kemudian, Peluncuran dan Penyerahan Buku “Potret Tutor UT Berkinerja Terbaik”, Buku karya Prof. Ir. Tian Belawati, Ph.D. dan Prof. Hanif Nurcholis, serta Buku Alumni “UT Menembus Batas” kepada Menristekdikti.

Pada kesempatan yang sama, UT sepakat menjalin kerja sama dengan Kepolisian Daerah Bangka Belitung yang diwujudkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dalam penyelenggaraan program kegiatan belajar mengajar melalui sistem pembelajaran jarak jauh dalam rangka peningkatan angka partisipasi mahasiswa. Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Dr. Liestyodono Bawono Irianto, M.Si. dengan Kapolda Pangkalpinang yang diwakili oleh Kepala Biro SDM Polda Kepulauan Bangka Belitung Kombes Dra. Dien Irhastini, M.Si. yang disaksikan oleh Rektor UT, Karo Jianbang Lemdiklat Polri, Brigjen Pol. Drs. Ade Rahmat Suhendi dan Direktur UT - Pangkal Pinang Hasmonel, S.H., M.Hum.

Rektor UT juga menyerahkan UT Awards, Rektor Awards dan Pemenang Lomba Disporseni. Acara ditutup dengan penampilan dari Ari Lasso.