Temu Public Figure dan Grand Final Pemilihan Duta UT 2019

Dalam rangka Dies Natalis UT ke-35/Lustrum VII, Universitas Terbuka (UT) mengadakan pembekalan dan Grand Final Pemilihan Duta UT 2019 pada 13-14 Agustus 2019 di Kantor UT-Pusat. Sembilan finalis yang terpilih dari 39 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT adalah Fabrianne Albertina Handoko dari UT-Batam, Indah Nurmeytha dari UT-Bengkulu, Dwi Oktavia Anggraini dari UT-Jambi, Satya Alfi Syahr dari UT-Bogor, Oza Ovaretta Ayu Dewani dari UT-Surakarta, Ericha Kusumawati dari UT-Yogyakarta, Nanda Eka Anita Suri dari UT-Samarinda, Asih Citra Kirana dari UT-Pangkalpinang, dan Nursanti Usia dari UT-Ternate.

Pada hari Selasa (13/8/2019), sembilan finalis mendapatkan pembekalan dari Kepala Pusat Hubungan Internasional dan Kemitraan (PPHIK), Dr. Sri Sediyaningsih, M.Si. mengenai Personal Grooming dan Etika Berkomunikasi, dilanjutkan pembekalan oleh Kepala Pusat Keilmuan pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Prof. Dr. Maximus Gorky Sembiring, M.Sc. mengenai pengetahuan tentang Pendidikan Jarak Jauh, Universitas Terbuka dan cara menjadi presenter yang baik.

Grand Final Pemilihan Duta UT 2019 diadakan di Gedung Serbaguna UT-Pusat (14/8/2019). Kegiatan ini diawali dengan Temu Public Figure Bersama Agustina Hermanto (Tina Toon) yang juga merupakan Mahasiswi S1 UT Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP). Dalam kesempatan kali ini Tina Toon banyak berdiskusi mengenai alasan memilih UT, kita-kiat belajar mandiri dan juga berbagi tips kepada para mahasiswa untuk menjadi generasi muda yang maju dan kreatif.

Acara dilanjutkan dengan Pemilihan Duta UT 2019 yang terbagi dalam 2 sesi. Sesi pertama, para finalis menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Dewan Juri mengenai Universitas Terbuka. Dewan juri yang terlibat yaitu Dr. Sri Sediyaningsih, M.Si., Dr. Trini Prastati, M.Pd. dan Tina Toon. Kemudian dilanjutkan dengan sesi pertunjukan bakat dan seni dengan Dewan Juri Dr. Sri Sediyaningsih, M.Si., Dr. Trini Prastati, M.Pd. dan Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., dan diakhiri dengan pengumuman pemenang.

Berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri, Juara I Duta UT 2019 dan Juara Favorit diberikan kepada Satya Alfi Syahr (UT-Bogor), Juara II diberikan kepada Fabrianne Albertina Handoko (UT-Batam), dan Juara III diberikan kepada Asih Citra Kirana (UT-Pangkalpinang).