Disporseni Nasional Universitas Terbuka 2019

Dalam rangka Dies Natalis ke-35 Lustrum VII Universitas Terbuka (UT), UT kembali menyelenggarakan Diskusi Ilmiah, Pekan Olahraga, dan Seni (Disporseni) Nasional UT 2019 yang berlangsung selama sembilan hari mulai tanggal 28 Agustus hingga 5 September 2019 di Kantor UT Pusat, Pamulang, Tangerang Selatan. Tema yang diangkat pada Disporseni Nasional UT 2019 kali ini adalah “Mengukuhkan Konektivitas Bangsa Melalui Sportivitas dan Kreativitas”.

Kegiatan ini diikuti oleh 571 peserta dan 128 Ofisial dari 39 UPBJJ-UT, 1 Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri UT (PPMLN), serta 8 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta lainnya yaitu, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Muhamadiyah Jakarta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Pamulang, Universitas Pakuan Bogor, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dan Universitas Merdeka Malang.

Perlombaan dan pertandingan pada kegiatan ini dibagi ke dalam tiga cabang yaitu, Diskusi Ilmiah yang meliputi Lomba Debat dan Lomba Inovasi Teknologi Informasi, Olah Raga meliputi Pertandingan Bulu Tangkis, Tenis Meja, dan Catur, serta Seni yang meliputi Lomba Tari dan Lomba Seni Suara.

Acara pembukaan Disporseni Nasional UT 2019 berlangsung pada hari ini, Kamis 29 Agustus 2019 di UT Convention Center (UTCC). Acara dibuka dengan defile dari masing-masing wilayah dan universitas, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas Terbuka. Selanjutnya sambutan dari Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Dalam sambutannya Rektor berharap agar kegiatan ini dapat membuat mahasiswa menjadi lebih semangat dalam mengukir prestasi tidak hanya nasional tetapi juga internasional, juga dengan adanya partisipasi dari universitas lain diharapkan dapat mengeratkan hubungan dan menjunjung tinggi sportivitas antar sesama.

Sambutan kedua disampaikan oleh Prof. Dr. Ismunandar selaku Direktur Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Beliau berharap kegiatan ini dapat meningkatkan sportivitas dan kreativitas untuk Indonesia yang lebih baik karena sportivitas dan kreativitas sangat penting bagi perkembangan intelegensi.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Banten, H. Andika Hazrumy, S.Sos., M.AP. Beliau berharap UT dapat menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna kemajuan pembangunan dan ekonomi khususnya di Provinsi Banten.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan beduk oleh Dirjen Belmawa, Rektor UT, Ketua Panitia Disporseni 2019, dan Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan sebagai tanda dibukanya acara Disporseni Nasional 2019. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan tari kolosal yang menampilkan berbagai tarian daerah dari Sabang sampai Merauke, lalu pembacaan janji atlet dan ditutup dengan penampilan dari Paduan Suara UT.