4 Universitas dan 2 Lembaga Melakukan Studi Banding

Sebagai pelopor Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ), Universitas Terbuka (UT) menjadi salah satu universitas negeri di Indonesia yang sering dikunjungi universitas lain baik dalam maupun luar negeri untuk melakukan kunjungan atau studi banding mengenai pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran digital.

Pada hari ini (20/8/2019), Universitas Sahid Jakarta, Universitas Bunda Mulia, Universitas Satya Negara Indonesia, FEB Universitas Trisakti, PPSDM Badan Narkotika Nasional, dan BP3IP Kementerian Perhubungan melakukan studi banding ke UT-Pusat terkait dengan pembelajaran digital.

Studi banding diawali dengan kunjungan ke Pusat Pengembangan Multimedia (P2M2) dan Pusat Layanan Bahan Ajar (Puslaba). Acara kemudian dibuka oleh sambutan dari Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Dr. Liestyodono Bawono, M.Si. dalam sambutannya disampaikan, seiring dengan perkembangan zaman, pembelajaran online sudah menjadi tuntutan di era industri 4.0, adapun beberapa perguruan tinggi telah bekerja sama dengan UT untuk menempatkan mahasiswa mengambil mata kuliah online MKU. Studi banding ini dianggap sebagai sharing knowledge sehingga UT juga dapat bertukar informasi mengenai proses pembelajaran jarak jauh, sarana prasarana yang perlu disiapkan dalam pembelajaran digital, dan lain sebagainya.

Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Komp. selaku Rektor Universitas Sahid Jakarta menambahkan, saat ini perguruan tinggi khususnya dosen harus mulai menerapkan pembelajaran berbasis IT, sehingga diharapkan dengan adanya studi banding ini nantinya perguruan tinggi bisa mempelajari secara teknis pembelajaran online/digital dan menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Dr. Trini Prastati, M.Pd. mengenai ‘Pembelajaran Online di Universitas Terbuka’, sesi tanya jawab, dan diakhiri oleh pertukaran cendera mata oleh Wakil Rektor UT dan perwakilan dari masing-masing perguruan tinggi dan instansi.