Wisuda Periode II Wilayah 3 Tahun 2019

Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan Wisuda Periode II Wilayah 3 Tahun 2019 untuk jenjang Diploma, Sarjana dan Pascasarjana di Universitas Terbuka Convention Center, Selasa (02/07/2019). Wisuda kali ini dihadiri oleh 1427 wisudawan dari UT wilayah 3 yaitu UT-Sorong, UT-Serang, UT-Bandung, UT-Purwokerto, UT-Semarang, UT-Banjarmasin, UT-Kupang, UT-Kendari, UT-Ambon, UT-Jayapura, UT-Ternate, dan UT-Layanan Luar Negeri. Dalam sambutannya, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan proses belajar pendidikan tinggi dan studinya di UT.

Tema yang diangkat pada wisuda kali ini yaitu “Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0” bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia termasuk lulusan UT untuk siap dalam menghadapi revolusi industri 4.0. UT sebagai lembaga perguruan tinggi menerapkan sistem pendidikan jarak jauh yang memiliki peran dalam pendidikan karakter, yaitu dengan menyediakan lingkungan moral (moral environment) yang menekankan nilai-nilai baik dan menjaganya dalam kesadaran setiap orang. Pendidikan karakter di perguruan tinggi juga harus mampu membendung degradasi karakter baik dan dapat membentuk karakter mahasiswa yang kokoh sebagai pribadi unggul dalam menghadapi tantangan dimasa mendatang.

Selanjutnya, Dr. Herman, M.A. selaku dosen pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul "Profesionalisme Guru dan Pendidikan Karakter". Pemberdayaan profesi guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, kemajemukan bangsa, dan kode etik profesi.

20190702 Wisuda Periode 2 Wilayah 3 th 2019

Pada kesempatan yang sama, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dan Direktur Politeknik Negeri Batam Dr. Ir. Priyono Eko Sanyoto, DEA. sepakat menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dalam peningkatan mutu penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi , serta penandatanganan perjanjian kerja sama dalam pengambilan mata kuliah secara online yang ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT Dr. Liestyodono Bawono Irianto, M.Si. dan Direktur Politeknik Negeri Batam Dr. Ir. Priyono Eko Sanyoto, DEA. Kesepakatan ini juga bertujuan untuk peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Kepulauan Riau.

Rektor UT juga menyampaikan anugerah bagi tutor terbaik kepada Dr. H. Sirpan, M.Pd. dari UT-Banjarmasin dan pemenang Lomba Karya Tulis Mahasiswa Hariyadi Program Studi S1 Ilmu Administrasi Bisnis UT-Banjarmasin. Rangkaian acara ditutup dengan serah terima alumni dari Rektor UT kepada Linda Agum Gumelar selaku Ketua Umum Ikatan Alumni UT dan pembacaan janji wisudawan oleh Stanis Zaman wisudawan dari Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UT-Kupang.