Universitas Terbuka Mewakili LLDIKTI Wilayah III dalam National University Debate Championship

Berlomba mewakili Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III bersama 10 Universitas lain, Universitas Terbuka (UT) mengirim tim debat berbahasa Inggris pada ajang “National University Debate Championship” (NUDC), yang merupakan lomba debat bertaraf nasional. Acara ini merupakan agenda tahunan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sejak 2008. Lomba ini diikuti oleh tim terbaik di masing-masing Wilayah I s.d. XIV yang berjumlah 112 Tim. Seluruh tim berjumlah 336 orang yang terdiri atas 224 mahasiswa debaters dan 112 orang N1 adjudicators.

Sistem yang digunakan dalam NUDC adalah sistem British Parliamentary (BP). Sistem ini adalah sistem yang digunakan dalam World University Debating Championship (WUDC) atau lomba debat antar perguruan tinggi tingkat dunia.

Kegiatan tahunan ini telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap ragam budaya bangsa. Kegiatan debat menuntut mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga menuntut mahasiswa mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat penilaian, dan meyakinkan publik. Di dalam debat, mahasiswa akan dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dialami suatu masyarakat atau bangsa. Mahasiswa harus mampu berposisi dan meyakinkan publik bahwa posisi mereka benar dan tepat.

Kali ini Universitas Airlangga (Unair) menjadi tuan rumah perhelatan akbar tersebut. Lomba dilangsungkan di Gedung Fakultas Farmasi pada 14 - 19 Juli 2019.  Pembukaan dilakukan oleh Dr. Didin Wahidin, M. Pd., selaku Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti didampingi Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA.,  di Airlangga Convention Center (ACC) pada Senin (15/7).